Tahun 2020, KPA Kota Sukabumi Temukan 63 Kasus HIV Baru

Ilustrasi pengidap HIV.

Ilustrasi pengidap HIV.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi, menyebutkan sepanjang tahun 2020 terdapat 63 kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dengan didominasi kalangan Laki-laki Suka Laki-laki (LSL).

Sekertaris KPA Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengatakan, pada 2019 lalu terdapat 1.566 kasus HIV dan terhitung Januari hingga Mei 2020 ditemukan sebanyak 63 kasus sehingga jumlahnya saat ini mencapai 1.629 kasus.

“Ya, sumber data dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menyebutkan bahwa tahun ini ditemukan 63 kasus ada warga kota dan luar kota,” kata Fifi kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (26/07/2020).

Lanjut Fifi, penderita HIV dan AIDS sudah ditangani dengan melakukan terapi menggunakan obat Antiretroviral (ARV) yang dalam terapinya didampingi langsung Lembaga Swadaya Masyarakat Lensa Sukabumi sebagai mitra KPA.

“Pendampingan kepada ODHA ini perlu agar mereka tetap semangat dan yang terpenting tidak ada niatan untuk menyebarkan virus mematikan tersebut,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan terapi, sambung Fifi, untuk menekan angka kasus penyebaran penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan menggerogoti sistem imun tubuh manusia ini juga secara rutin melakukan sosialisasi atau penyuluhan pencegahan HIV dan AIDS.

“Kami juga melibatkan komunitas peduli HIV AIDS untuk melakukan penjangkauan terhadap ODHA yang belum terdata dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap komunitas kunci seperti LSL, wanita pekerja seks (WPS) pengguna narkoba suntik dan lain-lain,” paparnya.

Selain itu, KPA Kota Sukabumi juga terus berupaya menggencarkan sosialisasi ke sekolah dan kampus melalui cara perwakilan atau kalau sudah memungkinkan dengan KPA Go to school dan Go to Campus.

“Selanjutnya berkerjasama dan berkondinasi dengan Dinkes dan menggalakkan test HIV secara mobile VCT, sosialisasi melalui media dan KIE, koordinasi perwakilan seluruh elemen,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds