Swab Massal di Kota Sukabumi, 13 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Sukabumi melakukan swab massal kepada masyarakat Kota Sukabumi. Dimulai dari orang yang erat kaitannya dengan publik, masyarakat dan tenaga kesehatan.

“Kita sudah lakukan swab massal sebanyak 1.397 orang. Hasilnya yang terkonfirmasi Covid-19 hanya 13 orang,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (26/07/2020).

Dari 13 orang yang terkonfi rmasi Covid-19 itu, merupakan masyarakat biasa. Semua pasien positif merupakan orang tanpa gejala.

“Jadi mereka tidak punya gejala apa-apa, dalam kondisi biasa sehat. Bahayanya orang tanpa gejala itu menularkan kepada anak-anak atau manula,” katanya.

Namun diakui Wahyu, dari 13 orang yang positif itu tidak menularkan kepada orang lain. Terbukti, hasil tracing dan swab orang yang bersentuhan dengan ke-13 orang tersebut, tidak menunjukan hasil konfirmasi Covid-19.

“Semua sudah dilakukan tracing dan sudah di swab juga, hasilnya negatif,” ujarnya.

Penyebaran dan penularan Covid -19 di Kota Sukabumi bisa dikatakan masih terkendali. Namun tetap masyarakat harus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Insya allah terkendali,” ungkapnya.

Sampai saat ini, GTPP belum berencana untuk melakukan swab massal kembali. Pihaknya masih menunggu intruksi dari pemerintah pusat. Sementara itu, dari data yang dirilis pada 25 Juli 2020, terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif. Ada tiga orang pasien positif baru yang berasal dari Kelurahan Sukakarya, Cikole dan Subangjaya.

“Ya jadi ada tiga pasien terkonfirmasi positif baru berdasarkan hasil uji PCR,” katanya.

Ketiganya adalah pasien berusia dewasa yang terdiri dari dua perempuan dan satu orang laki-laki.

“Ketiga pasien baru dirawat di RSUD R Syamsudin, salah satunya adalah ibu rumah tangga,” ujar Wahyu.

Selain tiga kasus baru, Wahyu juga melaporkan bahwa ada dua pasien yang sembuh berdasarkan swab test terakhir yakni laki laki dewasa dari Jayaraksa, Kecamatan Baros dan perempuan dari Gunung Parang, Cikole.

Maka, Gugus Tugas Covid-19 Kota Sukabumi mencatat total kasus positif Covid-19 berjumlah 80 orang. Dimana 76 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, empat masih dirawat di rumah sakit rujukan, dan tidak ada pasien positif corona yang meninggal.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds