Pembagian Daging Kurban Jangan Gunakan Plastik

Ilustrasi Kantong Plastik .

Ilustrasi Kantong Plastik .


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi membuatkan surat edaran kepada seluruh Ketua DKM se- Kota Sukabumi agar pelaksanaan Hari raya Idul Adha tanpa sampah. Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran ( SE) Direktur Jenderal pengelolaan sampah, Limbah dan bahan beracun berbahaya kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

“Ya, sesuai dengan edaran Kementrian LHK, makanya kita tindaklanjuti dengan edaran walikota,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Adil Budiman kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Minggu (26/07/2020).

Dijelaskan Adil dalam upaya Pelaksanaan hari Idul Adha tanpa sampah, pemerintah menghimbau dan mengajak panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik. Masyarakat bisa membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban.

“ Mari kita gunakan bahan lain selain plastik untuk pembagian daging kurban,” ujarnya.

Bahan alternatif lain untuk wadah daging kurban kata Adil bisa menggunakan daun seperti daun pisang, anyaman bambu (besek) atau wadah lainnya.

“Bisa juga menggunakan wadah lainnya, yang jelas dapat didaur ulang atau dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik,” terangnya.

Dikatakan Adil sampah Kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah, sehingga pihaknya menyarankan untuk tidak menggunakan kantong plastik.

“ Ya kita ketahui bersama bahwa sampah plastik itu sangat sulit sekali terurai. Mari kita jaga Kota kita dari hal terkecil yakni jangan gunakan kantung plastik, “ jelasnya.

Lanjutnya, sampah kantong plastik di pelaksanaan Idul Adha beberapa tahun lalu, memang sangat banyak, hanya tidak terlalu siginifi kan.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds