Fakta Viral Taraktadung Almira, Alumni Hingga Supporter Angkat Suara

Tangkapan layar Taraktakdung SMAN 3 Sukabumi

Tangkapan layar Taraktakdung SMAN 3 Sukabumi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI- Taraktakdung merupakan semacam yel-yel atau jargon yang dibuat oleh kakak OSIS SMAN 3 Sukabumi kepada para peserta ospek, dan sudah berlangsung sejak 2012 silam.

Taraktakdung sendiri tidak diperlombakan.

Taraktakdung hanyalah candaan pemberi semangat dari kakak kelas, OSIS atau guru yang dimintai tanda tangan oleh peserta Ospek.

 

Demikian dijelaskan salah satunya pemilik akun TikTok @rasyaaurellia, sekaligus juga alumni dari sekolah tersebut.

“Setahu saya tidak diperlombakan, hanya sekedar untuk minta tandatangan Osis, kakak-kakak MPK, atau ke guru. Biasanya mereka minta Taraktakdung dulu, baru tandatangan,” ungkapnya.

 

Terkait viralnya Almira, Rasya mengaku senang tradisi sekolahnya dulu sekarang dikenal banyak orang.

 

“Kalau dulu zaman aku enggak ada ke online, baru tahun 2016 mulai upload ke Instagram mungkin 2020 ramainya TikTok jadi lewat TikTok. Nadanya sama liriknya sama ada akang tetehnya tapi gerakannya beda. Soal viral, selain (kalimat) taraktakdung yang easy listening memang suara Almira addicted juga didengarnya,” ujarnya.

“Taraktakdung itu semacam yel-yel atau jargon yang dibuat oleh kakak osisnya ke peserta MPLS atau ke peserta ospeknya supaya lebih semangat,” kata Rasya, Minggu (19/7/2020).

Taraktakdung Sukabumi

Almira, salah satu siswi SMAN 3 Sukabumi sedang memperkenalkan diri dengan gaya khas taraktakdung./Foto: Istimewa

 

Rasya yang merupakan alumni SMAN 3 angkatan 2017 juga mengalami taraktakdung saat menjadi peserta ospek di tahun 2015. Meski kalimat yang diucapkan sama, namun gaya ‘joget’-nya berbeda.

“Dari tahun 2012 sudah ada Taraktakdung, turun temurun. Kalau di masa aku dulu kan lagi hitsnya ngedab, jadi Taraktakdungnya pakai gaya ngedab. Kalau sekarang kan mungkin lagi hits ngewoah jadi gayanya begitu,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Litbang SMAN 3 Kota Sukabumi.

Sementara, menurut Asep Rahmat Kurniawan Sekretaris pelaksana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  Almira siswa baru SMAN 3 Kota Sukabumi kini diberi penghargaan terkait aksi Taraktakdung yang viral di media sosial.

Pihak sekolah, katanya, menilai Almira telah memperkenalkan SMAN 3 Kota Sukabumi secara luas melalui tradisi Taraktakdung yang viral di media sosial.

“Kemarin di penutupan kita panggil orang tuanya kita berikan penghargaan buat dia sudah mengangkat nama sekolah. Saya pikir dia bukan apa apa mudah mudahan rezekinya dia dikenal, dilihat dari keluguannya seperti anak remaja masih polos dan belum terkontaminasi dunia luar dan hal hal tidak baik,” kata pria yang akrab disapa Arko tersebut, Minggu (19/7/2020), dilansir dari detikcom.

Pihaknya mengaku mengapresiasi jajaran OSIS sekolahnya yang dengan kreasinya membawa Almira dan sekolah dikenal secara luas di jejaring media sosial.

“Meskipun daring tetap kita juga dalam pelaksanaannya dibantu anak-anak OSIS dan saya cukup bangga pada mereka anak anak OSIS yang menyiapkan segala macam dari mulai live streaming, termasuk yang lainnya itu. Kita hanya mengarahkan saja, selebihnya benar benar kreativitas mereka,” jelas Arko.

“Kita ambil sisi positif nya saja, kalau untuk dikenal apalah sekolah kami ini di kampung. Ya, karena kreativitas siswa kemudian dikenal secara luas,” ujarnya.

Untuk diketahui,  Almira merupakan calon siswa (casis) SMAN 3 Kota Sukabumi yang viral setelah gayanya saat membawakan joget Taraktakdung di media sosial lintas platform.

Beberapa selebgram juga turut menirukan gaya Almira saat melakukan joget Taraktakdung, seperti selebgram @edhozell.

Sebelumnya diberitakan di Pojokjabar.com, sosok Almira menjadi pembicaraan warganet di berbagai platform media sosial pasca viral video perkenalan dirinya pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2020 SMAN 3 Sukabumi secara daring.

Almira bahkan banyak mendapatkan dukungan dari berbagai warganet atas kepopuleran dirinya di media sosial.

Salah satu pendukung Almira asal Pematangsiantar, Revly Silalahi mengaku sosok Almira menjadi viral di TikTok lantaran dirinya muncul di FYD aplikasi tersebut.

(mar/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds