Ngajar, Guru di Kota Sukabumi Wajib Rapid Test

Ilustrasi rapid test.

Ilustrasi rapid test.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Memasuki tahun ajaran baru sekolah pada Juli 2020 mendatang, Pemkot Sukabumi akan menerapkan skema normal baru pada sektor pendidikan yaitu menerapkan sistem pembelajaran tatap muka secara shift.

Namun sebelum membuka kembali sekolah yang rencananya akan dimulai pada 13 Juli 2020, semua guru di Kota Sukabumi akan menjalani rapid test massal. Langkah itu harus diambil untuk memastikan bahwa saat tahun ajaran baru nanti, semua sekolah aman dari penyebaran Covid-19.

“Para guru wajib di rapid test sebelum mereka bertemu fisik dengan murid, tentu langkah ini untuk menjamin keselamatan dan kesehatan bersama. Apalagi usia anak-anak sangat rentan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi yang ditemui Radar Sukabumi di sela-sela kunjungannya ke SMA Negeri (SMAN) 4 Kota Sukabumi, Jumat (3/7/2020).

Dedi yang juga Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-D) Provinsi Jabar itu menegaskan bahwa Kota Sukabumi menjadi satu-satunya kota yang berstatus zona hijau di wilayah Provinsi Jabar.

Oleh karena itu, sesuai ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bahwa wilayah yang berstatus zona hijau bisa membuka sekolah pada saat tahun ajaran baru nanti.

“Hari ini (kemarin. red), kita sedang melakukan kunjungan sekaligus memantau persiapan pembukaan sekolah pada Juli mendatang,” imbuhnya.

Adapun konsep pelaksanaan KBM tatap muka di era New Normal ini, harus diisi 50 persen dari jumlah siswa setiap Rombongan Belajar (Rombel). Selain itu, perlu dilakukan shift atau jadwal pertemuan setiap angkatan yang dilakukan per pekan.

Misal, di minggu pertama diisi oleh kelas X, kemudian diminggu ke dua diisi kelas XI dan diminggu ketiga diisi oleh kelas XII. Dedi menambahkan, Kota Sukabumi memiliki 39 SMA/SMK negeri dan swasta, sembilan diantaranya sekolah negeri dan 30 sekolah swasta.

Namun, dikatakan Dedi sebelum melakukan pembelajaran tatap muka, pihak Pemkot Sukabumi khususnya sekolah harus lebih dulu memperhatikan syarat atau point yang harus dipatuhi sebelum membuka sekolah.

Loading...

loading...

Feeds