Alhamdulillah, Kota Sukabumi Satu-satunya Zona Hijau di Jabar

Kota-Sukabumi

Kota-Sukabumi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Setelah sempat di cap sebagai daerah dengan jumlah penyebaran virus Covid-19 terbanyak di Jawa Barat, akhirnya Pemkot Sukabumi bisa bernafas lega. Bahkan yang lebih membanggakan lagi, berdasarkan hasil evaluasi epidermologi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Sukabumi telah naik menjadi zona hijau level 1.

“Iya Alhamdulillah, Kota Sukabumi adalah satu-satunya daerah di Jawa Barat yang masuk zona hijau. Tentu kabar baik ini patut kita syukuri tapi jangan terlalu euforia. Tetap waspada dan terapkan protokol kesehatan,” aku Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id).

Sebelumnya, kota yang hanya memiliki luas kurang lebih 48,42 km2 ini berada di zona biru level 2 alias moderat. Dengan adanya level baru ini, maka Kota Sukabumi telah siap untuk memulai masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Ini berdasarkan data yang dirilis oleh Divisi Perencanaan, Riset dan Epidemiologi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat mengenai evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Jawa Barat periode 13-26 Juni 2020.

Kota Sukabumi masuk zona hijau dengan kondisi ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) turun. Laju kesembuhan pasien positif naik, dan laju transmisi dibawah rata-rata, yaitu 0.00. Kendati demikian, Kota Sukabumi tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang dikeluarkan Pemprov Jabar melalui Peraturan Gubernur Nomor 46 tahun 2020.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr Lulis Delawati mengatakan, walaupun telah berada zona hijau namun masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab salah satu kunci kesuksesan untuk menekan kasus Covid-19 adalah dengan protokol tersebut.

“Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan walaupun sudah masuk zona hijau. Karena ini adalah kunci kesuksesan suatu daerah dalam menekan angka kasus covid-19,” tandas Lulis.

(RS/upi/izo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds