Awal Januari Hingga Juni, Longsor Dominasi Bencana di Kota Sukabumi

Ilustrasi Longsor

Ilustrasi Longsor


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sebanyak 109 kejadian bencana terjadi di Kota Sukabumi. Kejadian tersebut dalam rentang waktu Januari sampai dengan pertengahan Juni 2020.

“Dari awal Januari hingga 9 Juni 2020 tercatat sebanyak 106 kejadian bencana.” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain, Selasa (16/6/2020).

Adapun dari 106 kejadian bencana, rinciannya yakni Januari sebanyak 16 kejadian, Februari 15 kejadian Maret 28 kejadian, April 18 kasus, Mei 25 kasus, dan hingga 9 Juni 2020 sebanyak 4 kasus.

Sedangkan bencana yang paling mendominasi adalah longsor sebanyak 41 kejadian dan cuaca ekstrem 32 kejadian. Berikutnya banjir 14 kasus, kebakaran 9 kasus, gempa 8 kasus dan angin kencang 2 kasus.

“ Di mana bencana longsor dan banjir paling mendominasi dibandingkan yang lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, pada musim transisi ini potensi bencana yang paling rawan terjadi yakni pergerakan tanah atau longsor. Tak hanya itu angin kencang juga biasa terjadi pada peralihan musim kemarau ke hujan atau sebaliknya.

“ Longsor dan angin kencang pasti terjadi peralihan musim,” jelasnya.

Sebelumnya, memasuki awal musim kemarau, Kota Sukabumi mulai mewaspadai potensi meningkatnya kasus kebakaran lahan dan permukiman.

“ Salah satu upayanya dengan mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan dan tidak membakar lahan atau sampah secara sembarangan,” pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds