Dibangun Zalam Belanda, Kondisi Jembatan Gunung Batu Nyaris Putus

Warga saat melintasi jembatan Gunung Batu yang kondisinya rusak parah.

Warga saat melintasi jembatan Gunung Batu yang kondisinya rusak parah.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI — Warga Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampangtengah, mengeluhkan kondisi jembatan Gunung Batu yang menghubungkan Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampangtengah dengan Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar.

Pasalnya, jembatan yang memiliki panjang 100 meter dengan lebar sekitar 80 centi meter itu, sengaja di bangun oleh swadaya masyarakat sebagai salah satu akses yang menghubungkan antar kecamatan tersebut.

Seorang warga Kampung Muara, RT 32/8, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampangtengah, Saeful hamdi (30) mengatakan, jembatan gantung yang di bangun sejak zaman belanda ini, belum pernah diperbaiki oleh pemerintah. Sehingga tak ayal, bila saat ini jembatan yang melintasi sungai Cimandri itu, kondisinya memprihatinkan.

“Jembatan ini, belum pernah diperhatikan pemerintah. Terakhir diperbaiki oleh masyarakat disini sekitar 2007 silam,” kata Saeful kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Selasa (02/06/2020).

Jembatan Gunung Batu, sambung Saeful, merupakan akses utama warga menuju area publik. Seperti, Puskesmas, pasar, sekolah dan tempat publik lainnya.

“Hampir setiap harinya warga disini telah memanfaatkan jembatan ini. Seperti mengangkut hasil pertanian. Iya, paling kasian saat anak-anak hendak pergi sekolah ke SDN Cisalak dan SMP Negeri 2 Cikembar Tegalpanjang,” ujarnya.

Saat ini, kondisi jembatan gantung itu selain rusak berat juga terancam ambruk. Lantaran, tiang jembatan yang berfungsi untuk menyangga badan jembatan nyaris tergerus longsor pada beberapa waktu lalu.

“Bila tidak segera diperbaiki, kami khawatir jembatan itu ambruk. Apalagi, pada musim hujan seperti sekarang ini, berpotensi bencana longsor,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah agar segera turun tangan dan membangun jembatan permanen yang menghubungkan dua kecamatan itu. Karena, menurutnya badan jembatan ini sangat bermanfaat untuk mempermudah transportasi pada sektor pembangunan dan perekonomian masyarakat juga akan tumbuh pesat.

“Bukan hanya untuk memudahkan untuk transportasi, jembatan ini, juga yang paling penting adalah dapat menumbuhkan sektor ekonomi. Karena warga akan lebih mudah untuk untuk menjual hasil pertanian,material bangunan untuk pembangunan juga lebih mudah,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds