Tahun Ini, di Kota Sukabumi Tidak Ada Salat Idul Fitri Berjamaah

Ilustrasi salat Id

Ilustrasi salat Id


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi akhirnya dengan resmi mengatur kegiatan selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah/2020 Masehi. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Sukabumi Nomor: 400/975/HumasPro-2020.

Ada 16 poin yang dibahas dalam surat edaran tersebut, salah satunya adalah tentang pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah. Hal ini sebagaimana tertulis dalam poin
nomor delapan.

“Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 H yang dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid atau di lapangan ditiadakan,” demikian isi redaksi pada SE Walikota Sukabumi. Ditiadakannya salat Ied ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Kota Sukabumi.

Sebab kasus Covid-19 di wilayah kota kian hari menunjukkan penambahan yang mengkhawatirkan. Sehingga Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memutuskan untuk meniadakan segala bentuk kegiatan atau pelaksanaan salat Idul Fitri apakah di masjid ataupun di lapangan terbuka.

Selain itu, poin nomor dua pada SE walikota tersebut juga membahas soal pelaksanaan salat Tarawih berjamaah.

“Shalat Tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah.” Memang pada SE tersebut tidak disebutkan dengan jelas apakah ini artinya melarang pelaksanaan salat Tarawih berjamaah di masjid atau musala atau tidak.

Namun sebagai referensi merujuk pada Keputusan Presiden, Peraturan Menteri Dalam Negeri, Surat Edaran Menteri Agama dan Surat Edaran Gubernur Jawa Barat yang seluruhnya terkait dengan pandemi covid-19.

(RS/izo/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds