Waspada, Gelombang Setinggi 2 Hingga 5 Meter Teror Laut Selatan Sukabumi

Gelombang Tinggi. Ist

Gelombang Tinggi. Ist


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung merilis prakiraan tinggi geombang laut di perairan Jawa Barat, termasuk Sukabumi.

Dari data yang diterima, diprakirakan akan terjadi gelombang laut di dua perairan yakni selatan dan utara Jabar dari tanggal 23 hingga 29 April. Kawasan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sendiri termasuk di bagian selatan laut Jawa Barat.

“Ya benar ada informasi dari BMKG tentang prakiraan gelombang laut dari tanggal 23 April sampai 29 April ini,” kata Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie kepada RadarSukabumi.com (Group Pojoksatu.id) Sabtu (25/4/2020).

BMKG menyebutkan bahwa tinggi gelombang diparkiraan mulai dari 2 meter hingga yang tertinggi adalah 5 meter. Adapun tanggal dengan gelombang paling tinggi adalah 27 dan 28 April, yakni dari 3,5 meter hingga 5 meter.

Dengan adanya informasi ini, Okih mengimbau kepada nelayan dan semua pihak yang melakukan aktivitas di laut untuk tetap memperhatikan informasi prakiraan tinggi gelombang yang dikeluarkan BMKG sebelum berangkat melaut. Khususnya yang berkaitan dengan risiko angin kencang dan gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil agar mewaspadai angin kencang dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter.

“Jika memungkinkan, nelayan diimbau untuk tidak melaut terlebih dahulu karena tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter sangat berbahaya bagi kapal berukuran kecil,” imbaunya.

(RS/izo/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds