Harga Cabe Rawit Merah di Kota Sukabumi Turun

Seorang pedagang sedang merapihkan cabe rawit.

Seorang pedagang sedang merapihkan cabe rawit.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kendati sebelumnya cabai rawit merah sempat merajai diberbagai pasar tradisional di Kota Sukabumi hingga mencapai Rp 90 ribu dalam setiap kilogramnya, kini harga baha utama sambal tersebut kembali merosot ke angka Rp 64 ribu perkilogram.

Namun begitu, beberapa bahan-bahan pokok dan penting lainnya terkoreksi naik. Bahan-bahan pokok dan penting lainnya terkoreksi naik di sejumlah pasar tradisional Kota Sukabumi diantaranya, Telor ayam naik dari Rp24 ribu jadi Rp27 ribu/kg.

Cabe merah besar /TW.naik dari Rp52 ribu jadi Rp55 ribu/kg. Cabe rawit hijau naik dari Rp30 ribu jadi Rp32 ribu/kg, Gula pasir naik dari Rp13 ribu jadi Rp13.500/kg. Ikan mas naik dari Rp24 ribu jadi Rp27 ribu/kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Sukabumi, Heri Sihombing mengungkapkan, beberapa komoditas mengalami penuruan dan kenaikan hasil monitoring di Pasar Tipar Gede dan Pasar Pelita Kota Sukabumi.

“Hasil monitoring bahanbahan pokok dan penting di dua passar, beberapa komoditas terkoreksi naik. Nah, untuk cabai rawit merah yang sebelumnya melonjak sampai Rp 90 ribu perkilogram, saat ini sudah berangsur pulih ke angka Rp 64 ribu rupiah perkilogramnyam,” terangnya kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Senin (17/02/2020).

Adapun untuk komoditas dan Bapokting lainnya, lanjut Heri, terpantau cukup stabil. Baik itu harga, persediaan dan pendistribusiannya. Pihaknya bakal terus memonitoring setiap hari untuk mengetahui perkembangan terbaru di pasaran.

“Untuk yang lainnya masih terpantau stabil, tidak ada yang naik terlalu signifikan ataupun sebaliknya. Kami akan terus pantau setiap harinya untuk memastikan harga, ketersediaan dan pendistribusiannya,” tutupnya.

Sementara itu, Permana menyebut, pasokan cabai rawit merah mulai normal kembali. Sehingga hal itu, berdampak pada penurunan harga jual ke masyarakat. Dirinya juga mengaku, pada pekan sebelumnya harga cabai rawit merah tersebut sangat tinggi mencapai Rp 90 ribu perkilogramnya.

“Sekarang cabe rawit merah pasokannya mulai bagus pak, beda halnya dengan pekan-pekan sebelumnya. Sekarang saya jula Rp 65 ribu dalam setiap kilogramnya,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds