MUI Kota Sukabumi: Tak Masalah Eks ISIS Dipulangkan

Sekretaris MUI Kota Sukabumi, Muhammad Kusoy

Sekretaris MUI Kota Sukabumi, Muhammad Kusoy


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi ikut berkomentar terkait masalah pemulangan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) mantan pengikut Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Lembaga fatwa itu menilai, sah-sah saja bila eks ISIS kembali ke Indonesia.

Namun, harus mendapatkan pembinaan dan pendampingan yang intensif. Hal tersebut diungkapkan oleh, Sekretaris MUI Kota Sukabumi, Muhammad Kusoy. Menurutnya, kepulangan WNI eks ISIS menjadi tanggung jawab dan kewenangan pemerintah, terlebih jika 600 orang tersebut masih berkewarganegaraan Indonesia.

“Apapun ideologi-nya, sebaiknya pemerintah hadir didalam nya. Karena bagaimanapun, itu adalah warga Indonesia, dan dia ingin kembali kesini. Intinya boleh saja di pulangkan, tapi kita bina,” jelasnya, rabu (12/2/2020).

Kendati demikian, jika eks ISIS tersebut memang dipulangkan, harus dilakukan pembinaan secara maksimal. Salahsatunya memasukan ke pesantren atau satu lokasi khusus exs ISIS, dengan diberi bimbingan dan pembinaan agar mereka betul-betul menjadi warga Indonesia yang memang mencintai tanah airnya.

“Adapun dampak dan sebagainya, itu menjadi kewajiban kita bersama. Dimana, harus dilakukan pembinaan. Orang itu pasti memiliki kesalahan, tapi lebih baik kita bina dengan sebaik-baiknya. Agar tidak membahayakan kemanan negara dan tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan kekacauan, teror, dan sebagainya,” lanjutnya.

Walaupun hingga saat ini belum adanya warga Kota Sukabumi yang menjadi pengikut ISIS, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terpapar paham radikalisme.

“Mari kita yakini, ajaran Islam mengantarkan kita kepada kesejahteraan, kedamaian saling mengasihi, keselamatan. maka dari itu mari kita wujudkan bahwa ajaran Islam adalah Rahmatan Lil Alamin dan bisa membuat manusia Berakhlakul Karimah. Dan mari kita ciptakan Kota Sukabumi religius nyaman dan sejahtera,” tandasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds