Dinkes Kota Sukabumi: Persediaan Masker Aman

Warga pakai masker antisipasi penyebaran virus verona. Dede

Warga pakai masker antisipasi penyebaran virus verona. Dede


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kendati keberadaan masker cukup langka di toko alat kesehatan dan apotek, namun rupanya Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memiliki persediaan yang cukup melimpah. Saat ini, persediaan masker penutup mulut dan hidung tersebut mencapai 977 boks atau 48 ribu keping masker.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, drg Erna. Menurutnya, persediaan masker di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi tergolong aman. Artinya, untuk aktivitas pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi masih bisa dikatakan tercukupi.

“Persedian logistik masker yang ada pada kami (Dinas Kesehatan, red) cukup aman, saat ini ada mencapi 977 boks dengan isi perboks 50 masker, artinya ada sekitar 48 ribu masker,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Group Pojoksatu.id), Rabu (12/02/2020).

Namun begitu, persediaan masker yang ada di Dinas Kesehatan, tidak untuk diperjualbelikan seperti halnya yang ada di apotek atau toko-toko yang menjual alat kesehatan. Persediaan masker yang ada, digunakan sebagai perlengkapan pelayanan kesehatan.

“Masker yang ada di kami itu peruntukannya untuk penunjang pelayanan yang digunakan oleh petugas kesehatan, tidak diperjualbelikan. Setiap tahunnya pun kami rutin melakukan pengadaan,” ujarnya.

Disinggung soal kelangkapaan masker dan hubungannya dengan wabah virus corona, Erna menyebut biusa saja terjadi, karena salahs atu distributor masker ke Cina adalah Indonesia, sehingga berdampak terhadap ketersediaan.

“Ya bisa saja karena banyak yang di ekspor ke Cina sehingga persediaan yang ada di Indonesia berkurang,” singkatnya.

Lebih jauh Erna menejlaskan, terkait penyebaran wabah virus korona di Kota Sukabumi, masih tergolong relatif aman. Namun begitu, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan di Kota Sukabumi telah melakukan berbagai persiapan dan antisipasi.

“Alhamduillah, sampai saat ini Kota Sukabumi aman, berbagai persiapan dan antisipasipun sudah dilakukan dengan baik,” tandasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds