Pelayanan Jamkesda di RSUD R Syamsudin SH Batal Dihapus

Ilustrasi Jamkesda

Ilustrasi Jamkesda


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Rencana penghapusan anggaran layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di RSUD R Syamsudin SH yang digulirkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi akhirnya batal.

Sehingga masyarakat masih bisa memanfaatkan Jamkesda untuk pengobatan di RSUD Syamsudin. Informasinya anggaran Jamkesda yang digelontorkan Pemda berada dikisaran Rp 1 Miliar.

“Saya sangat mengapreasiasi pemerintah yang tidak jadi menghapuskan layanan Jamkesda di Bunut (RSUD R Syamsudin),” ujar Anggota DPRD Kota Sukabumi, Danny Ramdhani.

Dani menambahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah menganggarkan kembali layanan Jamkseda. Layanan itu untuk masyarakat yang tidak mampu yang mendapatkan perawatan di RSUD Syamsudin.

“Orang yang tidak mampu dan tidak memiliki Jaminan Sosial Kesehatan yang berhak untuk mendapatkan anggaran Jamkesda tersebut,” tambahnya.

Danny mengaku anggaran sekitar Rp. 1 Miliar itu memang dirasa sangat kurang. Ia menilai idealnya anggaran Jamkesda diangka Rp 5 Miliar untuk kebutuhan biaya pengobatan masyarakat miskin atau tidak mampu.

“Coba bisa cek ke TAPD berapa besarannya, kalau tidak salah hanya Rp 1 M,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Danny pun mengkritisi mengenai masyarakat Kota Sukabumi yang belum tercover oleh BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah Kota Sukabumi. Menurut dia, seharusnya sudah ada angka yang valid mengenai warga miskin di Kota Sukabumi.

“Kalau data itu bisa singkron dari berbagai intansi, tidak akan ada permasalahan lagi mengenai warga miskin yang tidak mendapatkan layanan kesehatan,” akunya.

Namun disisi lain Danny mengapresiasi program pemeritah di bidang kesehatan, mulai dari Homecare, Ambulance Sigap dan program Cetek di Al Mulk. Secara menyeluruh pelayanan kesehatan untuk masyarakat sudah disediakan oleh pemerintah.

“Orang yang tidak mampu dan tidak kemana mana, bisa dilayani oleh homecare, kalau mau ke rumah sakit ada ambulance sigap dan kalau tak punya uang bisa masuk ke RS Almulk. Jaminan kesehatan warga sudah terlayani,” pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds