Natura 2020, Petugas Gabungan Pastikan Kelayakan Bus di Terminal Tipe A Kota Sukabumi

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo saat melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo saat melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Memasuki libur Natal 2019 dan tahun baru (Nataru) 2020, petugas gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi dan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi melakukan pemeriksaan kendaraan (ramp check) angkutan dan bus di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi, Selasa (24/12).

“Pemeriksaan bertujuan untuk memastikan kesiapan angkutan bus yang beroperasi selama libur panjang Nataru,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo kepada wartawan.

Diterangkan Wisnu, pengecekan terhadap bus tersebut meliputi kelayakan teknis yaitu lampu, rem dan lain-lain juga kelayakan penunjang seperti alat pemadam api ringan (APAR), kotak P3K serta mengecek administrasi baik itu KIR maupun SIM.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir bus dan tes narkoba terhadap puluhan sopir angkutan bus. Pengecekan dilakukan oleh jajaran dinas kesehatan dan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota.

Wisnu mengaku, pengecekan tes urin bagi supir bus rutin dilakukan pada momen nataru. Wisnu mengatakan, petugas akan memberikan tindakan kepada supir bus yang positif mengonsumsi zat-zat berbahaya. Tidak hanya itu, petugas juga memberikan himbauan kepada penumpang dan menempelkan sticker imbauan agar sopir diingatkan apabila ugal-ugalan.

“Kita juga menempelkan stiker imbauan agar melaporkan jika melihat sopit ugal- ugalan,” tegasnya.

Sementara untuk kendaraan bus yang tidak layak administrasi maupun alat penunjang lainnya akan diberikan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

“Misalnya diberikan tindakan baik itu teguran untuk dilengkapi, dan apabila ditemukan supir yang positif akan kami proses lebih lanjut oleh Sat Narkoba,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kadishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan, tidak ada lonjakan berarti untuk libur natal tahun ini. Justru pihaknya saat sedang fokus melakukan langkah antisipasi di bebrapa lokasi wisata yang biasanya mengalami lonjakan arus lalu lintas saat Libur Natal dan Tahun Baru.

“Tapi kita tetap berupaya memberikan rasa aman serta jaminan keselamatan penumpang,” ungkapnya.

Abdul menambahkan, pihaknya membantu kepolisian dengan menempatkan personel di sejumlah posko dan titik-titik rawan kemacetan.

Terkait kondisi jalan, dia memastikan tidak ada masalah. “Kalau jalan kota sudah ada pemeliharaan menjelang natal dan tahun baru. Kalau jalan provinsi dan nasional, kita berkoordinasi dengan balai,” pungkasnya.

(RS/cr1/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds