Harga Cabe Rawit Merah di Kota Sukabumi Naik Rp 5 Ribu

Seorang pedagang sedang merapihkan cabe rawit.

Seorang pedagang sedang merapihkan cabe rawit.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Menjelang hari natal dan tahun baru, cabe rawit merah terpantau mengalami kenaikan harga sekitar Rp5 ribu atau dari Rp40 ribu menjadi Rp45 per kilogram.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, Heri Sihombing mengatakan, kenaikan harga tersebut diakibatkan keterlambatan pasokan dari petani lantaran faktor cuaca.

“Hasil pantauan kami di beberapa Pasar di Kota Sukabumi, adanya kenaikan pada cabe rawit merah dikarenakan faktor cuaca yang menghambat pasokan,”ujarnya. senin (16/12).

Ia menambahkan, saat ini belum terpantau secara pasti komoditi mana saja yang alami penaikan harga disebabkan natal dan tahun baru. Namun, pihaknya terus melakukan pengawasan ke lapangan.

“Kita tidak bisa spekulasi adanya komiditi yang naik disebabkan menjelang natal ataupun pergantian tahun,”tambahnya.

Naum demikian pihaknya bersama tim terus melakukan pemantauan terhadap bahan pokok penting (bapokting) dan barang strategis lainya, terutama disaat menjelang hari besar keagamaan ataupun hari libur nasional lainya.

“Setiap hari kita rutin melakukan pengawasan ke lapangan serta melaporkan semua perkembangan bapokting di Kota Sukabumi,”akunya.

Sampai saat ini lanjut Heri, semua stok bapokting dan barang strategis lainya cukup tersedia, serta fl uktuasi harga masih dalam batas kewajaran. Begitu juga dengan penyaluran dan pendistribusian barangbarang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

”Saat ini semua ketersediaan bapokting dan bahan startegis lainya sangat aman,”pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds