Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bawang di Kota Sukabumi Merangkak Naik

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Gudang saat memainkan gadgetnya sambil menunggu pembeli.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Gudang saat memainkan gadgetnya sambil menunggu pembeli.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Menjelang natal dan tahun baru, harga sejumlah komoditas di Pasar Gudang Kota Sukabumi mulai mengalami kenaikan, Salah satunya terjadi pada komuditas bawang, khusunya bawang merah.

Dari pantauan Radar Sukabumi, harga bumbu dapur tersebut cukup mengalami kenaikan yang signifi kan. Di mana, saat ini harga bawang merah berada dikisaran Rp 27 ribu hingga Rp 30 ribu perkilogram.

Padahal sebelumnya, harga bawang merah bisa mencapai Rp 20 ribu sampai 22 ribu perkilogram. Sementara, untuk bawang putih mengalami penurunan, dari harga Rp 26 ribu menjadi Rp 24 ribu perkilogram.

Salah seorang pedang bawang di Pasar Gudang Kota Sukabumi, Ai menuturkan, kenaikan harga ini sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Kenaikan harga bertahap hingga akhirnya mencapai Rp 30 ribu perkilogram.

“Menjelang tahun baru biasanya terjadi kenaikan” ujar Ai disela-sela melayani pelanggannnya.

Diakui dia, sejak mengalami kenaikan harga, jumlah pembeli pun semakin sepi. Bahkan, pelanggan yang biasa membeli dengan jumlah besar, saat ini hanya separuh dari biasanya.

“Pembelinya menurun,” singkatnya.

Sepinya pembeli dirasakan pula pedagang bawang lainnya, Doni. Menurut dia, saat ini jumlah pembeli perhari bisa dihitung jari.

“Karena harga mahal jadi jarang ada pembeli,”akunya.

Sementara itu, harga pada komoditas telur terbilang masih normal, bahkan sering mengalami fl uktuatif harga. Di mana, saat ini harga telur berada dikisaran Rp 25 ribu perkilogram. Sebelumnya, harga tersebut berada dikisaran Rp 26 ribu perkilogram.

“Mungkin kenaikan terjadi dikarenakan adanya kenaikan pakan ayam petelur” aku dia.

Data dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Pendistribusian (DKUKMP2) Kota Sukabumi, harga sejumlah komuditas lainnya masih terpantau aman, seperti Beras ciherang Cianjur masih berada dikisaran Rp 10 ribu hingga Rp 11.500 perkilogram.

Untuk daging sapi masih berada pada harga Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu perkilogram. Sedangkan harga ayam broiler sebesar Rp 34 ribu perkilogram. Untuk Cabe TW masih berada pada harga Rp 24 ribu perkilogram, Cabe hijau besar Rp.15 ribu perkilogram dan Cabe lokal Rp 35 ribu perkilogram.

(RS/cr1/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds