Ribuan Anjing di Wilayah Kabupaten Sukabumi Divaksin Anti Rabies

Petugas Dinas Peternakan saat memberikan vaksin kepada anjing untuk antisipasi penyebaran virus rabies.

Petugas Dinas Peternakan saat memberikan vaksin kepada anjing untuk antisipasi penyebaran virus rabies.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies, ribuan anjing di wilayah I Kabupaten Sukabumi, diberikan vaksin anti rabies (VAR) oleh Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi.

Kepala UPTD Pelayanan Wilayah I Disnak Kabupaten Sukabumi, Entin Suryatin mengatakan, dari sembilan kecamatan yang ada di wilayah I.

Yakni, Kecamatan Sukabumi, Cisaat, Cireunghas, Gegerbitung, Gunugguruh, Kadudampit, Kebonpedes, Sukalarang ini, hanya Kecamatan Gegerbitung yang rawan penyakit rabies.

“Meski saat ini belum ada warga yang terkena gigitan anjing rabies. Namun, di wilayah tersebut populasinya anjingnya sangat banyak, bila dibandingkan dengan wilayah kecamatan lain. Bahkan, pada lima tahun terakhir ada satu warga di wilayah tersebut yang menjadi korban gigitan anjing rabies itu,” kata Entin kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) melalui telepon selulernya, Minggu (1/12).

Menurut Entin, saat ini wilayah Kecamatan Gegerbitung masuk pada zona rawan penyebaran gigitan anjing rabies. Ini terjadi lantaran di wilayah tersebut selain banyak populasi anjingnya, juga banyak anjing yang berkeliaran ke hutan.

“Iya, apalagi wilayah Kecamatan Gegerbitung itu, merupakan daerah perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Cianjur,” bebernya.

Loading...

loading...

Feeds