Disdukcapil Kota Sukabumi Terima 1.000 Blanko KTP

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi menerima 1.000 keping blanko KTP. Distribusi blanko KTP elektronik kali ini lebih banyak dibanding bulan lalu yang hanya menerima 500 keping.

“Alhamdulillah kemarin kita menerika 1.000 keping blanko, mudah- mudahan ini bisa meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ifhan.

Mengingat jumlahnya terbatas kata Iskandar, pihaknya akan memprioritaskan kalangan pemula. Sedangkan untuk KTP elektronik yang rusak, hilang dan lainnya akan diberikan Surat Keterangan atau Suket.

“Jadi apabila KTP elektronik hilang atau rusak, kita kasih suket dulu. Dalam waktu dua minggu kita akan ganti dengan KTP elektronik,” ujarnya.

Diakui Iskandar, jika melihat kebutuhan secara total, kebutuhannya 10 ribu keping blanko. Apalagi saat ini pihaknya sering melakukan kegiatan diluar jam kerja, seperti program Sistem Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) administrasi kependudukan (adminduk).

“ Walaupun jumlah blangko yang didistribusikan Kemendagri terbatas, hanya 1 ribu keping, tapi setidaknya bisa memenuhi permintaan masyarakat,” terang dia.

Iskandar pun menjelaskan Suket dan KTP Elektronik itu fungsi dan manfaatnya sama. Hanya saja perbedaannya dari masa berlaku.

“Kalau Suket itu hanya 6 bulan tapi KTP elektronik seumur hidup,” ungkapnya.

Dirinya berharap mudahmudahan di 2020 nanti Kementerian Dalam Negeri membuat pola distribusi lebih banyak lagi. Sehingga kebutuhan masyarakat baik itu yang hilang atau rusak bisa segera terlayani secara langsung.

“Karena yang hilang , rusak dan lainnya itu harus terpenuhi juga,” pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds