Tahun 2020, Jembatan Leuwilalay di Kabupaten Sukabumi Akan Dibangun

Kondisi Jembatan Leuwilalay kondisinya memprihatinkan.

Kondisi Jembatan Leuwilalay kondisinya memprihatinkan.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kabar gembira bagi warga Kecamatan Warungkiara. Jembatan Leuwilalay yang menghubungkan beberapa desa di kecamatan ini pada tahun 2020 nanti akan segera dibangun. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan ini mencapai Rp7 miliar.

Seperti diketahui, jembatan yang melintasi sungai Cimandiri dan beralas kayu ini kini kondisinya rusak dan sangat membahayakan warga yang melintasinya. Padahal penyebrangan yang dibangun pada jaman belanda itu merupakan satu-satunya akses andalan masyarakat agar bisa ke tempat publik.

Ketua BPD Desa Bantarkalong, Saefuloh Abdul Azis mengatakan, jembatan penyeberangan yang kini sudah rusak itu sering dilakukan perbaikan. Namun demikian, karena perbaikan tidak dilakukan secara permanen, jembatan pun akhirnya rusak kembali.

“Sudah sering diperbaiki dari hasil swadaya masyarakat, namun kini rusak kembali. Perlu diketahui, jembatan ini satu-satunya akses penyeberangan masyarakat, mobil maupun motor untuk ke tempat publik,” akunya saat acara Saba Desa yang digelar Bupati Sukabumi di Kecamatan Warungkiara, belum lama ini.

Saefuloh menceritakan, kondisi jembatan yang rusak itu kini menjadi khawatiran warga yang melintas. Pasalnya, kayu yang menjadi alasnya kini sudah lapuk dan tentunya sangat rawan terjadinya kecelakaan.

“Tidak jarang warga ngeluh soal kondisi jembatan ini. Tapi kami hanya bisa mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah, sebab perbaikan yang dilakukan secara swadaya masyarakat tidak bisa bertahan lama,” ungkapnya.

Saefuloh pun berharap, pemerintah daerah dapat memprioritaskan pembangunan jembatan tersebut. Selain itu, kondisi jalan yang berstatus milik Pemda Kabupaten Sukabumi juga telah mengalami kerusakan yang cukup parah dan belum mendapat perbaikan selama puluhan tahun.

“Kami harap Pemkab Sukabumi dapat memperhatikannya, ditakutkan jika terus dibiarkan dapat mengancam keselamatan masyarakat, termasuk jalan penghubung Kecamatan Warungkiara, Jampangtengah dan Kecamatan Simpenan ini juga harus mendapat perbaikan,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami pun langsung memberikan jawaban. Orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini menegaskan, jika tidak ada halangan, Jembatan Leuwilalay ini akan dibangun pada tahun 2020 mendatang.

“Insya Allah, tahun depan akan kita bangun. Doakan semoga semuanya lancar,” singkatnya.

(RS/ren/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds