Tahun Ini, Temuan Kasus HIV/Aids di Kota Sukabumi Meningkat

Ilustrasi HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Temuan kasus HIV/Aids di Kota Sukabumi pada tahun ini meningkat di banding tahun lalu. Periode Januari hingga Agustus, terdapat 118 kasus. Sedangkan, selama 2018, temuan kasus tersebut sebanyak 144 orang.

Ketua Komisi Penanggulangan Aids Indonesia (KPAI), Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya mengungkapkan, temuan kasus HIV/Aids di Kota Sukabumi periode Januari hingga Agustus 2019 mencapai 118 orang. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, jumlah temuan tersebut meningkat.

“Yang tercatat pada tahun ini periode Januari hingga Agustus sebanyak 118 orang, adapun September sampai Desember belum terhitung, besar kemungkinan jumlah temuan kasus bertambah,” jelasnya, selasa (19/11/19).

Dari hasil Sistem Informasi HIV/Aids (SIHA) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, tercatat dari 118 penderita tersebut didominasi oleh Kaum Laki-laki penyuka laki suka laki (LSL) sebanyak 45 orang, Wanita Pekerja Seks (WPS) 39 dan pasangan ODHA (orang yang hidup dengan HIV/Aids, termasuk ibu hamil) 18 orang.

“Sedangkan sisanya diderita oleh Pria hidung belang sembilan orang, lain-lainnya tujuh orang,” sebutnya.

Jika dilihat dari rentan usia, dari 118 penderita tersebut didominasi oleh masyarakat dalam usia produktif (dari usia 25 sampai 49 tahun) dengan jumlah sebanyak 82 penderita, usia 20 sampai 24 tahun sebanyak 19 penderita dan 7 sisanya berusia 50 tahun.

“Untuk jenis kelamin didominasi oleh kaum pria dengan jumlah 83 orang, sisanya 35 orang merupakan wanita. Jumlah tersebut didapatkan dari sebagian kecil masyarakat Kota Sukabumi yang peduli diperiksa secara sukarela,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.