Bulan September, Suspect HIV di Kabupaten Sukabumi Meningkat

Ilustrasi HIV/AIDS.

Ilustrasi HIV/AIDS.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Suspect HIV naik drastis dalam satu bulan ke belakang. Berdasarkan data yang diperoleh Radar Sukabumi, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi mencatat kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) kenaikanya dari sampai 45 kasus.

Sebelumnya tercatat dari Januari sampai Agustus mencapai 49 kasus. Begitu September atau selang sebulan menjadi 91 kasus. Dengan begitu ada kenaikan 45 suspect HIV.

Jumlah kasus ini, masih didominasi oleh usia yang masih produktif. Wakil Supervisor Pengendalian Penyakit (Wasor P2) HIV dan TB Dinkes Kabupaten Sukabumi, Didi Sukmadi mengatakan, jumlah kasus HIV yang ditemukan sampai September lalu totalnya mencapai 91 kasus dari jumlah 6.392 orang yang diperiksa. Hal ini disampaikannya selasa (19/11).

Didi melanjutkan, mayoritas penderita HIV ini adalah usia produktif. Sedangkanpenyebaran penyakit mematikan ini paling tinggi melalui seks bebas dan akibat penggunaan narkoba atau penggunaan napza jarum suntik.

“Penyebaran melalui seks bebas ini sampai 90 persen. Sisanya penularan melalui penggunaan napza suntik. Artinya, seks bebas ini menjadi penyebab utamanya,” paparnya.

Didi menduga, tidak menutup kemungkinan pada akhir tahun kasus HIV ini mengalami peningkatan. Pasalnya, pada 2018 lalu hanya terdapat 112 kasus yang berhasil ditemukan.

“Ya, pada akhir tahun nanti bisa saja jumlah kasus ini meningkat. Karena sampai September saja sudah mencapai 91 kasus yang berhasil ditemukan. Kita lihat saja nanti di akhir tahun, ada peningkatan atau penurunan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menekan kasus tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melakukan beberapa upaya, di antaranya, imbuhnya, menambah layanan kesehatan yang mampu utuk memeriksa HIV secara mandiri, penjangkauan dan konseling pada orang yang sudah HIV, mencegah putus obat, sosialisasi pada masyarakat dan kerjasama lintas sektor yang lebih intensif.

“Uapaya promotif, preventif dan kuratif terus digencarkan untuk menekan kasus tersebut. “ Selain itu, kami memberikan pelayanan yang komprehensif dan berkesinambungan serta pemenuhan sarana dan prasarana. Kami harap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat menekan kasus HIV ini,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.