Hingga Akhir Tahun, Blangko KTP Elektronik di Kota Sukabumi Terbatas

KTP-El (ilustrasi)./Foto: Istimewa

KTP-El (ilustrasi)./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Keberadan blangko KTP elektronik di Kota Sukabumi diprediksi bakal terbatas hingga skhir tahun ini. Namun begitu, untuk sementara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi mengeluarkan surat keterangan sementara (Suket).

Hal itu, dibenarkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan. Menurutnya, hingga saat ini keberadaan blanko KTP elektronik masih cukup terbatas. Diperkirakan, kondisi ini terjadi hingga akhir tahun.

“Kalau kosong sih tidak, tapi terbatas. Pengadaan blanko dari pemerintah pusat, sehingga kami pun menunggu ketersediaan normal kembali,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Untuk saat ini, lanjut Iskandar, pihaknya memprioritaskan kepemilikan KTP elektronik bagi pemula. Sedangkan, bagi yang hilang ataupun rusak digantindenga surat keterangan sementara.

“Kami mengsiasiati tentunya, khususnya bagi kepemilikan KTP elektronik pemula, dan untuk yang hilang, rusak dan lainya diganti Suket, dan perlu diketahui Suket berguna sebagimana KTPel, hanya saja sementara,” ujarnya.

Kendati demikian, bukan tanpa usaha dengan kondisi tesebut. Disdukcapil Kota Sukabumi, nyaris setiap minggu berangkat ke Jakarta memohon blanko KTP elektronik.

“Setiap minggu kita kesana, baru-baru ini kami hanya mendapatkan 500 keping blanko dari kebutuhan sekitar sepuluh ribu keping blanko,” sebutnya.

Iskandar juga meminta, agar masyarakat dapat menjaga KTP elektronik yang dimilikinya. Sehingga, resiko hilang ataupun rusak dapat diminimalisir.

“Kami minta kepada masyarakat agar sama-sama menjaga KTP nya, walaupun difasilitasi gratis oleh pemerintah tetapi harus dijaga,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds