Dua Rumah di Parakansalak Ludes Dilalap Si Jago Merah

Dua rumah warga di Kampung Pasirkuda, RT 31/9, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak hangus terbakar, selasa (22/10/19).

Dua rumah warga di Kampung Pasirkuda, RT 31/9, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak hangus terbakar, selasa (22/10/19).


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dua rumah di Kampung Pasirkuda, RT 31/9, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, ludes dilalap si jago merah sekira pukul 7.30 WIB, Selasa (22/10). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta.

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, dua unit rumah yang terbakar ini milik Suhandi dan Ateng. Sementara jumlah jiwa yang terdampak sebanyak delapan jiwa.

“Api diketahui warga sudah mulai membesar. Sehingga upaya warga untuk memadamkan api ini tidak berhasil. Akibatnya api pun langsung merembet kerumah lain yang lokasinya berdempetan,” kata Daeng kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Selasa (22/10/2019).

Beruntung, lanjut Daeng, pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden tersebut.

“Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa, hanya harta benda saja yang terbakar dan kerugian ditaksir sekitar Rp100 juta,” ujarnya.

Untuk sementara waktu, kata Daeng, korban kebakaran ini terpaksa diungsikan sementara di rumah koleganya, lantaran rumah tersebut sudah tidak dapat ditinggali. Menurut Daeng, sampai saat ini petugas BPBD masih melakukan assessment di lokasi kejadian untuk mengetahui bantuan yang dibutuhkan korban.

“Korban saat ini membutuhkan bantuan pangan serta pakaian,” paparnya.

Daeng menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi diduga akibat korsleting listrik. Sebab itu, BPBD Kabupaten Sukabumi menghimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi kebakaran apalagi saat ini musim kemarau.

“Kami meminta apabila terdapat kejadian bencana kebakaran maupun bencana lainnya bisa segera melaporkan melalui pemerintah setempat agar segera bisa ditangani,” imbuhnya.

Sementara itu, Suhandi berharap pemerintah bisa segera memberikan bantuan untuk kembali membangun rumah yang saat ini nyaris rata dengan tanah.

“Kami berharap pemerintah bisa membantu meringankan beban kami agar bisa membangun rumah yang terbakar ini. Mudah-mudahan segera ada bantuan,” harapnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds