Stok Darah Golongan A di PMI Kabupaten Sukabumi Menipis

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Stok labu darah golongan A di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menipis. Ini akibat banyaknya permintaan labu darah golongan A di semua rumah sakit, namun pendonor semakin berkurang.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, saat ini ketersediaan labu darah golongan A hanya empat labu. Sedangkan golongan darah lainnya, seperti golongan AB saat ini tersedia 79 labu darah, golongan B 79 dan golongan O 79 labu darah.

“Labu darah golongan A saat ini memang menipis, tetapi stok labu darah golongan lainnya aman sampai satu minggu depan,” kata Kabid Pelestarian Donor Darah PMI Kabupaten Sukabumi, Agus Sutisna saat disambangi Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) di ruang kerjanya, senin (21/10/19).

Lanjut Agus, idealnya stok darah yang harus tersedia di PMI perbulannya 1.500 labu. Namun setiap bulannya, permintaan darah dari rumah sakit yang sudah bekerjasama mengalami peningkatan jika dibandingkan pada September dan Agustus lalu.

“Pada Agustus permintaan labu darah ini diangka 1.509 labu dan September 1.688 labu. Kalau dilihat dari data yang ada permintaan labuh darah meningkat,” paparnya.

Sebab itu, PMI pada hari ini akan menggelar donor darah di dua titik, yaitu di Kecamatan Cicurug dan Kecamatan Sukaraja. Dengan begitu, jumlah stok labuh darah diharapkan bertambah kembali.

“Besok rencananya akan ada donor darah didua kecamatan. Alhamdulillah setiap harinya selalu ada kegiatan donor darah sehingga semua permintaan labuh darah bisa terpenuhi,” ujarnya.

Agus menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan permintaan labu darah, PMI terus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan semua elemen khususnya dengan perusahaan yang di Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini sudah hampir 40 perusahaanbekerjasama dengan kami. Dengan begitu, setiap bulannya perusahaan selalu menggelar donor darah,” imbuhnya.

Agus meminta, semua elemen khususnya perusahaan bekerjasama untuk menggelar aksi donor darah secara rutin supaya semua permintaan labu darah bisa selalu terpenuhi.

“Mudah-mudahan ke depan semua perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi bisa bekerjasama dan menggelar donor darah perbulannya,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds