Gunung Puyuh Sukabumi Miliki Wisata Air, Irigasi Sungapan Cipelang Gede Jadi Andalan

Suasana irigasi Sungapan Cipelang, Kecamatan Gunungpuyuh mulia ramai dikunjungi wisatawan.

Suasana irigasi Sungapan Cipelang, Kecamatan Gunungpuyuh mulia ramai dikunjungi wisatawan.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemuda Karang Taruna dari tiga kelurahan di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi sulap bendungan atau irigasi Sungapan Cipelang Gede menjadi destinasi wisata air.

Sekretaris Karang Taruna Nirwana Kelurahan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Mulyana mengatakan, awalnya tidak berpikir irigasi Sungapan Cipelang Gede ini menjadikan objek wisata air. Namun, lebih menjaga lingkungan dan penanggulangan sampah di aliran sungai dengan bersih-bersih.

“Kami mulai dengan gotong royong membersihkan anak sungai di wilayah RW 05, 06, dan 08 Kelurahan Gunungpuyuh. Kemudian ke pintu irigasi Sungapan Cipelang Gede, baru muncul gagasan dan tercetus untuk dijadikan destinasi wisata air,” ujarnya, Jumat (18/10/19).

Menurutnya, potensi objek wisata di irigasi Sungapan ini cukup baik dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Sehingga perlu ada pengelolaan dengan baik, apalagi melibatkan tiga kelurahan sekaligus, yaitu Kelurahan Gunungpuyuh, Karang Tengah, dan Kramat.

“Dengan dijadikannya objek wisata diharapkan, selain menjaga kelestarian lingkungan sungai juga meningkatkan pemasukan bagi masyarakat sekitar,” paparnya.

Untuk sementara ini, sambung Mulyana baru ada riverboarding di anak sungai Sungapan dan kedepan akan ada berbagai macam permainan serta edukasi alam.

“Kami juga akan sediakan camping ground, tubing, arum jeram, sepeda gantung dan lainnya. Alhamdulillah tiga kelurahan mensuport kegiatan dan rencana pemuda Karang Taruna,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds