Disnaker Kota Sukabumi Persempit Ruang PMI Ilegal

Kepala Disnakertrans Kota Sukabumi, Didin Syarifudin

Kepala Disnakertrans Kota Sukabumi, Didin Syarifudin

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi mempersempit ruang pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Disnakertrans, bakal berkoordinasi dnegan keimigrasian sehingga tidak ada lagi PMI Ilegal yang keluar negeri.

Kepala Disnakertrans Kota Sukabumi, Didin Syarifudin mengungkapkan, kendati PMI Ilegal cukup sulit untuk dideteksi, namun pihaknya bakal mempersempit ruangnya dengan berkolaborasi bersama semua pihak.

“Sejak kejadian beberapa waktu lalu, warga Kota Sukabumi yang menajdi korban TPPO, tentunya kami mempersiapkan berbagai hal. Salah satunya, terkait rekomendasi kepada warga yang hendak keluar negri,” jelasnya, selasa (15/10/19).

Menurut Didin, motif yang selama ini dilakukan oleh PMI Ilegal mengelabui pemerintah dengan alasan jalan-jalan ataupun menyambangi keluarga yang berada diluar negeri.

“Dalihnya, beralasan jalan-jalan atau mengunjungi keluarga. Padahal, mereka disana mencari kerja. Paling banyak Itu, tujuannya ke Malaysia ataupun ke Arab Saudi,” sebutnya.

Mulai saat ini, Didin menegaskan, Disnakertrans Kota Sukabumi tidak akan sembarangan memberikan rekomendasi untuk pembuatan paspor di imigrasi. Hal itu, dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan.

“Imigrasi tidak akan mengeluarkan paspor dan visa kalau tidak ada rekomendasi dari kita, sekarang ini kami akan wawancara sedetail mungkin apa tujuannya ke luar negeri,” tegasnya.

Disnakertrans Kota Sukabumi juga membuka pengaduan bilamana terdapat warga Kota Sukabumi yang tidak diketahui keberadaannya di luar negeri. Selain itu, pihaknya mengimbau pentingnya kepemilikan identitas kependudukan untuk memudahkan pencarian.

“Kami buka pengaduan, silahkan kepada masyarakat yang mempunyai anggota keluarga di luar negeri tapi tidak ada kabar, kami akan bantu dengan koordinasi berkas kedutaan negara yang bersangkutan ataupun Kementerian Luar Negeri,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds