Pemekaran Wialayah Kabupaten Sukabumi Semakin Terang

Forkoda PP DOB Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Provinsi Jawa Barat, saat membahas tekait rencana pemekaran Kabupaten Sukabumi, di gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, jum'at (4/10/19).

Forkoda PP DOB Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Provinsi Jawa Barat, saat membahas tekait rencana pemekaran Kabupaten Sukabumi, di gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, jum'at (4/10/19).


Rencana pemekaran daerah di wilayah Jawa Barat, ujar Bayu, harus segera terwujud. Selian untuk peningkatan pelayanan, juga untuk perataan pembangunan di setiap wilayah.

Terlebih lagi, penduduk dan luas wilayah yang ada di Jawa Barat, jumlahnya lebih banyak bila di bandingkan dengan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Seperti di Jawa Timur hanya memiliki 38 kota/kabupaten. Sementara untuk di Jawa Barat, hanya ada 27 kabupaten/kota,” imbuhnya.

Dalam rencana pemetaan daerahnya, Kabupaten Sukabumi ini dibagi menjadi tiga. Yakni, Kabupaten Sukabumi Utara ada 21 kecamatan, Kabupaten Jampang 18 kecamatan dan Kabupaten Sukabumi induk ada 8 kecamatan. Menurutnya, daerah kota atau kabupaten yang memiliki rencana pemekaran, harus memiliki dua dasar proses persyaratan.

Yakni, persyaratan administratif dan persyaratan kewilayahan. Kedua, persyaratan tersebut, bisa dimulai jika sudah ada kajian yang menyatakan wilayah tersebut layak untuk dilakukan pemekaran. Untuk itu, kajian ini akan menjadi dasar untuk dimulainya proses pemenuhan persyaratan pemekaran.

“Nah untuk di Kabupaten Sukabumi, memiliki progres yang cukup menarik. Karena sudah ada petunjuk untuk dilakukan pengkajian. Bahkan, saya mendapat kabar dari bagian tata pemerintahan, bahwa di anggaran perubahan saat ini sudah ada anggaran untuk kajian penataan daerah Kabuapten Sukabumi. Mudah- mudahan ini menjadi bekal yang baik bagi Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan mengatakan, ia sangat merespon terkait dua CDOB dari Kabupaten Sukabumi.

“Saya bersama dengan dewan pengurus wilayah partai sudah melakukan kajian soal isu ini sejak 2004 lalu. Hasil kajian kami, Provinsi Jawa Barat itu idealnya punya 41 kabupaten dan kota. Jadi saya sangat mensupport teman-teman aktivis DOB untuk terus melakukan upaya-upaya yang bisa mensegerakan pencabutan moratorium,” katanya.

Loading...

loading...

Feeds