Situ Halimun di Warungkiara Ditata Jadi Objek Wisata

Situ Halimun saat ini tengah ditata menjadi tempat objek wisata dan diharapkan dapat mendongkrak kemajuan perekonomian warga setempat.

Situ Halimun saat ini tengah ditata menjadi tempat objek wisata dan diharapkan dapat mendongkrak kemajuan perekonomian warga setempat.


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pemerintah Kecamatan Warungkiara saat ini tengah menata Situ Halimun menjadi tempat wisata dengan basis kearifan lokal. Diharapkan nantinya, selain dapat mempengaruhi terhadap perekonomian warga agar lebih meningkat, juga bisa menjadi ladang Pendapatan Asli Desa (PADes) kedepannya.

Geografi Kecamatan Warungkiara hampir 90 persen adalah lahan pertanian. Di wilayah Desa Warungkiara, terdapat situ yang bisa ditata menjadi objek wisata. Ini selaras dengan keinginan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami yang menghendaki setiap kecamatan minimal memiliki satu tempat objek wisata.

“Pak Bupati menghendaki setiap kecamatan itu minimal ada satu obek wisata. Nah di Kecamatan Warungkiara ini, setelah kami verifikasi dan identifikasi, Situ Halimun inilah yang pas dan cocok bila dikembangkan menjadi objek wisata,” ujar Camat Warungkiara, Asep Suhenda kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), belum lama ini.

Menurut Asep, untuk penataan awal ini, pihaknya sudah mengajukan bantuan anggaran kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Alhasil, pertengahan tahun ini pun anggaran yang diharapkan tersebut cair dan penataan pun bisa dimulai.

“Alhamdulillah anggarannya sudah cair. Untuk pelaksanaannya itu dilaksanakan oleh kelompok masyarakat dan sekarang sudah mulai,” imbuhnya.

Dalam konsep penataan wisata ini, lanjut Asep, ia memadukan dengan hal-hal yang sedang digandrungi anak-anak muda. Seperti dengan adanya tempat selfi e, pusat jajanan selera rakyat dan permainan air lainnya.

“Selain itu, yang menjadi kearifan lokal pun akan kami tampilkan. Baik itu dalam bentuk makanan ataupun budaya lainnya,” akunya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds