Pembangunan Mega Proyek di Kota Sukabumi Diprediksikan Naikan LPE

Ada 500 bangunan di Cigombong, Kabupaten Bogor, akan tergusur oleh rencana pembangunan proyek rel kereta api double track jalur Bogor-Sukabumi.

Ada 500 bangunan di Cigombong, Kabupaten Bogor, akan tergusur oleh rencana pembangunan proyek rel kereta api double track jalur Bogor-Sukabumi.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Sukabumi diyakini akan alami peningkatan kedepanya. Sebab, saat ini didukung dengan tiga mega proyek besar dari pemerintah pusat.

Seperti pembangunan Jalan tol Bocimi, double track Kereta Api, dan Bandara Sukabumi. Hal itu menjadi salah satu dukungan dalam mendongkrak perekonomian di Kota Moci tersebut.

Terlepas dari itu, berbagai macam program Pemkot Sukabumi yang digulirkan untuk meningkatkan perekonomian terus digaungkan, diantarnya dengan adanya Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center (Sukabumi Kece). Program tersebut tentunya akan melahirkan wirausaha muda di setiap kelurahan yang nantinya juga akan meningkatkan perekonomian.

“Berbagai macam program Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi dalam rangka sudut perekonomianterus digaungkan. Salah satunya Sukabumi Kece dan banyaknya pelaku ekonomi kreatif yang ada saat ini,”ujar Asisten Daerah (asda) bidang Pereknomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi Cecep Mansur, belum lama ini.

Cecep menambahkan, bukan hanya tiga proyek pemerintah pusat dan Sukabumi Kece yang akan menyumbang terhadap perekonomian di Kota Suakbumi, melainkan adanya pembangunan fly over lingkar luar sukabumi yang belum lama ini pembangunannya di resmikan oleh Gubernur Jawa Barat.

Adanya pembangunan jalan tersebut, bukan hanya mengatasi kemacetan saja, melainkan akan mempercepat arus perekonomian.

”Bayangkan saja jika pembangunan tuntas dan program daerah juga sesuai harapan, tentu saja LPE kita akan meningkat, meskipun belum tahu ada diangka berapa nantinya,”ujarnya.

Disisi lain Cecep juga memaparkan, dalam Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ILPPD) Kota Sukabumi tahun 2018 LPE Kota Sukabumi atas dasar harga konstan mampu tumbuh sebesar 5,43 persen.

Menurut dia, Kota Sukabumi sendiri, posisi geografisnya relatif dekat dengan Ibu Kota Negara dan Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi, menjadi lintasan pergerakan orang dan barang dari dan ke kota-kota tersebut.

Hal ini sambung dia, tentunya menjadi peluang untuk mengembangkan perekonomian daerah serta perekonomian masyarakat Kota Sukabumi.

“Kota Sukabumi tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diunggulkan, maka dalam menjawab tuntutan atau perkembangan dunia global, upaya pembangunan lebih diarahkan pada pengembangan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang handal akan mampu menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan mampu bersaing,”pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds