Hutan Gunung Walat di Kabupaten Sukabumi Hangus Terbakar


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kebakaran hutan kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi. Kali ini, si jago merah melalap hutan di Gunung Walat tepatnya di Kampung Genteng, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Dampaknya, hampir lima hektar lahan terbakar.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), insiden terjadi sekira pukul 13.20 WIB. Diduga, api berasal dari puntung roko yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab.

Camat Cicantayan, Sendi Apriadi menjelaskan, setelah mendapatkan informasi dari warga pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Cibadak dan Badan Penanggupangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sukabumi untuk memadamkan api.

“Petugas bersama warga langsung berupaya memadamkan api dengan alat seadanya dan dibantu satu unit mobil damkar,” kata Sendi kepada Radar Sukabumi, Jum’at (23/8).

Dikatan Sendi, pihaknya mengalami kesulitan dalan upaya memadamkan api tersebut lantaran mobil Damkar tidak dapat masuk. Terlebih, selang yang digunakan juga tidak bisa sampai ke lokasi kebakaran.

“Ya kami bersama petugas dan warga berupaya memadamkan api dengan peralatan sedanya. Alhamdulillah sekarang (kemarin. red) api sudah mulai padam,” ujarnya.

Kendati demikian, saat ini petugas masih melakukan pemantauan di lokasi karena dikhawatirkan api kembali menyala. “Kami menduga, api besal dari puntung roko yang dibuang sembarangan,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengaku, saat ini petugas masih melakukan pendataan terkait kerugian dan luas lahan yang terbakar.

“Tim BPBD masih di lokasi untuk datanya masih dilakukan penghitungan,” ucaonya.

Pihaknya, tidak henti menghimbau masyarakat agar waspada terhadap bencana kebakaran. Apalagi, di musim kemarau dimana mudah terjadi kebakaran khususnya kebakaran hutan.

“Kami minta masyarakat tidak membuang puntung roko sembarangan karena dapat menyebabkan kebakaran,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds