Hari Ini, Jamaah Haji Kloter 15 Tiba di Kabupaten Sukabumi

Hari ini, jamaah haji Kloter 15 tiba di Kabupaten Sukabumi sekira pukul 14.20 WIB.

Hari ini, jamaah haji Kloter 15 tiba di Kabupaten Sukabumi sekira pukul 14.20 WIB.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Rangkaian ibadah haji tahun ini telah berakhir. Jamaah pun sudah mulai kembali ke tanah air. Untuk jamaah haji asal Kabupaten Sukabumi, mereka dijadwalkan tiba di Bandara pada hari ini dan sampai di Kabupaten Sukabumi pada pukul 14.20 WIB.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sukabumi pun telah mempersiapkan diri untuk menyambut mereka. Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Kelompok Terbang (Kloter) yang tiba hari ini adalah Kloter 15 dengan jumlah 404 orang jamaah.

Kloter ini berangkat pada Selasa, 9 Juli lalu di Pusbangdai, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Berdasarkan jadwal, mereka akan tiba di Bandara pukul 07.20 WIB dan langsung bertolak ke Embarkasi Bekasi. Bila tidak ada halangan, para jamaah ini akan tiba di Pusbangdai pada pukul 14.20 WIB.

“Insya Allah, bila tidak ada halangan besok (hari ini, red) jamaah Kloter 15 tiba di Sukabumi. Mohon doanya supaya semua lancar,” ujar Kasi Haji, Ramlan Rustandi, selaku Ketua PPIH Daerah Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Selaku Ketua PPIH Kabupaten Sukabumi, Ramlan menyampaikan permohonan maaf bila pelayanan yang diberikan masih jauh dari sempurna. Ia mengklaim, seluruh jajaran panitia sudah berusaha memberikan pelayanan yang prima dan juga maksimal kepada seluruh jamaah. Pelayanan diberikan di tempat dengan kondisi sosial, budaya, tradisi dan adat istiadat, serta iklim yang berbeda dengan di Indonesia.

”Kalau merasa tidak puas, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” jelasnya.

Ramlan berharap jamaah tidak membawa pulang kenangan yang kurang menyenangkan. Ia pun mengingatkan jamaah untuk bersyukur karena bisa berangkat dan pulang dalam kondisi sehat. Tugas jamaah setelah pulang adalah menjaga kemabruran yakni dengan mensyukuri kesempatan berhaji dan menjaga kualitas ibadah individu maupun sosial.

“Pulang haji harus bisa menebarkan manfaat kepada sesama,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, calon jamaah asal Kabupaten Sukabumi yang berangkat ke tanah suci tahun ini berjumlah 1.582 orang. Pemberangkatan mereka dibagi pada empat kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 15, Kloter 39, Kloter 59 dan Kloter 69. Untuk Kloter 15, jumlah jamaah sebanyak 404 orang dan berangkat pada 9 Juli lalu.

Sementara untuk Kloter 39, jumlah jamaah sama dengan Kloter 15 yakni 404 orang jamaah. Mereka berangkat pada Rabu, 17 Juli lalu dan dijadwalkan kembali pada Rabu, 28 Agustus mendatang. Sedangkan Kloter 59, jumlah jamaah sebanyak 370 orang.

PPIHD memberangkatannya pada Rabu, 24 Juli dan rencana kembali pada 05 September. Untuk Kloter terakhir yakni Kloter 69, jumlah jamaah sebanyak 404 orang dan berangkat pada Sabtu, 27 Juli dini hari dan dijadwalkan kembali pada Minggu, 8 September mendatang.

Sementara itu, Kepala Bagian Sosial dan Saran Keagamaan Kabupaten Sukabumi, Unang Sudarma menambahkan, pelaksanaan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal-hal yang menjadi kekurangan, akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pada pelaksanaan haji tahun mendatang.

“Secara general, semua pelaksanaan haji ini berjalan dengan baik dan lancar. Adapun kekurangan, ini akan menjadi bahan evaluasi kita kedepan,” singkat pria yang akrab dipanggil Aang Unang ini.

(RS/ren/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds