Pemkot Sukabumi Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri

Pemkot Sukabumi

Pemkot Sukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia kali ini mengambil tema SDM Unggul Indonesia Maju. Tentunya, gagasan pemerintah pusat tersebut disambut baik Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengaku, tema besar HUT RI tersebut menjadi salah satu program kerjanya. Di mana, Pemkot Sukabumi sedang berupaya menciptakan generasi muda yang siap menyongsong revolusi industri 4.0 dengan berbagai terobosan.

“Pemkot Sukabumi baik tahun ini maupun ke depan akan mempersiapkan SDM unggul dalam kerangka mengimbangi percepatan teknologi yang semakin berkembang, “ujar Fahmi, belum lama ini.

Apalagi sambung dia, berbagai kecanggihan teknologi sudah semakin sulit terbendung dan sudah diterapkan diberbagai lini salah satunya artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Bukan hanya untuk industri, AI juga dikembangkan untuk mempermudah kehidupan manusia di aspek lainnya,” ujarnya.

Diakui Fahmi Pemkot Sukabumi sendiri sudah bersiap menghadapi tantangan tersebut dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui program link and match antara pendidikan dan industri.

“Kebijakan link and match ini dilaksanakan untuk memastikan agar kompetensi yang dimiliki SDM Kota Sukabumi sudah sesuai dengan kebutuhan industri berbasis teknologi digital seperti halnya revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Lanjutnya, generasi milenial tak luput dari perubahan yang dibawa revolusi industri 4.0. Dimana generasi yang lahir pada media milenial harus bersiap dengan kondisi tersebut karena masa depan bangsa Indonesia berada di tangan generasi muda.

“Tak hanya pintar dan menguasai teori mereka harus memiliki kemampuan belajar tinggi untuk mengikuti perubahan yang berlangsung cepat,” tambahnya.

Menurut Fahmi, ada beberapa hal dapat dilakukan sebagai menghadapi era global yakni memperkuat karakter yang baik berdasarkan agama dan kepercayaan, pendidikan yang tepat, mengasah dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan selalu siap menghadapi segala jenis perubahan dan persaingan dengan meningkatkan keterampilan.

(RS/bal/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds