Categories: Sukabumi

Musim Kemarau, Kebakaran Lahan di Kota Sukabumi Mengancam

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kembali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sukabumi harus bersusah payah memadamkan api yang membakar lahan di perbukitan Pasir Babi, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu dan di Kampung Dulang Nangkub, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, kebakaran lahan di Kota Sukabumi merupakan ancaman yang cukup serius pada musim kemarau.

”Pada musim kemarau ini, kebakaran lahan merupakan ancaman bencana yang cukup potensial pada musim kemarau, makanya warga harus berhati-hati dan tetap waspada,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Minggu (18/08/2019).

Untuk di perbukitan Pasir Babi, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, sebut Zul, kurang lebih 2.000 meter persegi lahan terbakar. Adapun di lokasi kedua, Kampung Dulang Nangkub, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros terhitung 3.200 meter lahan terbakar.

“Dilokasi pertama kami cukup kesulitan, karena titik api ada di perbukitan sehingga akses cukup minim. Untuk lokasi kedua, lahan yang terbakar merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” sebutnya.

Hasil analisa sementara, penyebab kebakaran lahan terjadi akibat kesengajaan warga yang membakar lahan. Namun, karena material pepohonan kering dan angin cukup kencang membuat api dengan mudah meluas.

“Dugaan kami lahan sengaja di bakar warga, kami minta warga harus waspada agar tidak membakar sembarang lahan karena jika merembet dapat membahayakan lingkungan disekitarnya,” imbaunya.

Untuk memadamkan api itu, BPBD Kota Sukabumi menerjunkan empat armada pemadam kebakaran berikut dengan petugas pemadam kebakaran. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut dan api berhasil dikendalikan.

“Kami mengerahkan armada empat dan personil satgas damkar dan PB BPBD dibantu PolPP dan Polsek turut membantu penanganan dilokasi kejadian,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Iwan Gunawan

Share
Published by
Iwan Gunawan
Tags: Berita Sukabumi Hari Inikebakaran lahankota sukabumiMusim Kemarau

Recent Posts

  • Bogor
  • Nasional

Calon Ketua Pangcab PTMSI Kota Bogor Ungkap Program Super

Obsesi saya tenis meja menjadi olahraga favorit di Kota Bogor. Terlebih olahraga ini sudah merakyat, ada di sekolah, di kantor…

13 November 2019 20:26 WIB 20:26
  • Bekasi

35 Warga Setia Mekar Derita Gangguan Jiwa

Trending

13 November 2019 20:19 WIB 20:19
  • Berita Menarik
  • Bogor

PT. Kampoeng Kurma Bogor Tuntut Irvan Nasrun, Kok Bisa?

Saudara lrvan Nasrun telah mencemarkan nama baik klien kami dengan menuduh dan menyebarluaskan perkataan sebagai penipu kepada klien kami. Padahal…

13 November 2019 19:46 WIB 19:46
  • Bandung

Jelang Pilkades, DPMB KBB Ungkap Soal Nomor Urut Cakades

Harus dilakukan pada 24 November, tidak boleh lebih dari tanggal tersebut untuk penetapan hasil kepala desa terpilih

13 November 2019 19:35 WIB 19:35
  • Bekasi

Kota Bekasi Kini Punya Kapal Pembersih Kali

Pemerintahan

13 November 2019 18:29 WIB 18:29
  • Bogor

Begini Cara PDAM Tirta Pakuan Bogor Upayakan Pelayanan Optimal

Setiap tahun temu pelanggan harus selalu diselenggarakan, agar kami dapat mendengar langsung berbagai masukan, saran, dan koreksi. Ini semua agar…

13 November 2019 18:11 WIB 18:11