Kawasan Geopark Ciletuh Kembali Terbakar

Api nampak membara membakar kawasan Geoprak Ciletuh, tepatnya di Cekdam, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, senin (24/6/19). Ist

Api nampak membara membakar kawasan Geoprak Ciletuh, tepatnya di Cekdam, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, senin (24/6/19). Ist

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di kawasan Geopark Ciletuh. Kali ini, tebing Cekdam yang berada di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, ludes terbakar.

Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, kebakaran yang terjadi pada pukul 17.45 WIB ini diduga berawa dari pembakaran sampah milik warga yang lokasinya berada di atas tebing objek wisata tersebut.

“Warga ada yang membakar sampah. Setelah itu, apinya tertiup angin kencang. Sehingga percikan api yang membakar sampah itu menjalar ke tebing hutan kawasan objek wisata,” jelas Daeng Sutisna kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, senin (24/6/19).

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa, pihaknya menghimbau kepada seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaannya dimusim kemarau saat ini.

“Saya harap, warga bila membakar sampah harus hati-hati dan juga tidak membuang puntung rokok sembarangan. Karena pada musim kemarau ini, tindakan itu akan berdampak pada terjadinya kebakaran,” paparnya.

Camat Ciemas, Akhmad Gangga Senjaya mengatakan, api yang membakar tebing lokasi wisata Cekdam Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas ini berhasil dipadamkan sekira pukul 19.00 WIB setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Surade dan Jampangkulon diterjunkan ke lokasi kejadian.

“Saat kebakaran Muspika Kecamatan Ciemas bersama petugas damkar dan warga setempat, langsung terjun ke lokasi kejadian untuk berupaya memadamkan api,” katanya.

Loading...

loading...

Feeds