DPMTSP Kabupaten Sukabumi: Retribusi IMB Capai Rp 1 Miliar

Ilustrasi IMB.

Ilustrasi IMB.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Penerimaan daerah pada sektor retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Mei kemarin meningkat signifikan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Sukabumi mencatat, pada Mei jumlah pemasukan mencapai Rp1.042.729.671.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), pada Maret kemarin, penerimaan daerah pada sektor IMB mencapai Rp895.629.333, April Rp249.218.960 dan Mei Rp1.042.729.671. Jika dilihat rata-rata, pencapaian retribusi ini setiap bulannya mencapai target yang ditentukan yakni Rp666.000.000.

Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Agus Permana melalui Kasi Pelayanan Perizinan Usaha, Saeful Ahyar menjelaskan, pihaknya menargetkan retribusi IMB pada 2019 sebesar Rp 8 miliar.

“Alhamdulillah, pada Mei kemarin mengalami peningkatan. Kami juga sangat bersyukur atas capaian ini,” jelas Saeful kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), kamis (13/06/2019).

Melihat data retribusi IMB yang masuk sejauh ini, lanjut Saeful, pihaknya optimis dapat mencapai target yang sudah ditentukan.

“Tentunya, pencapaian target ini merupakan keberhasilan berkat kerjasama yang baik dengan semua elemen khususnya antara pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, pencapaian tersebut menjadi tolak ukur meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menaati aturan yang berlaku.

“Saat ini memang kesadaran masyarakat meningkat. Karena kami juga selalu berupaya menggencarkan sosialisasi kepada masyarat,” tandasnya.

Saeful mengulas, dengan adanya program layanan perizinan melalui Online Singgle Submission (OSS), tentunya akan dapat mempermudah pelaku usaha dalam pembuatan perizinan.

“Sehingga perizinan akan diproses melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau OSS. Ini tentunya mempermudah bagi para pelaku usaha tidak harus datang ke dinas,” pungkasnya.

(RS/bam/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds