Hewan Ternak Milik Warga Cikidang Sukabumi Mulai Terserang Penyakit

Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi saat memberikan obat cacing pada ternak domba di wilayah Kecamatan Cikidang, kamis (13/6/19).

Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi saat memberikan obat cacing pada ternak domba di wilayah Kecamatan Cikidang, kamis (13/6/19).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Sejumlah hewan ternak di wilayah Kecamatan Cikidang saat ini terserang penyakit. Diduga penyebabnya ialah cuaca yang sekarang ini beranjak pada musim kemarau. Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi pun langsung terjun ke lapangan memberikan berbagai macam obat-obatan.

Kepala UPTD Wilayah II, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Sri Purnama mengatakan, pemberian obat ini sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dalam menjaga kondisi kesehatan ternak agar tetap sehat.

Ia mengaku, peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau dapat menyebabkan kondisi ternak tidak sehat.

“Di wilayah Cikidang ini, ada sekitar 250 ternak domba yang terserang penyakit kembung. Kami sudah berikan obat kepada para pemilik agar penyakitnya tidak menyebar dan parah,” kata Sri kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) melalui telepon selularnya, kamis (13/6/19).

Sri pun menghimbau kepada para pemilik ternak agar pada pergantian musim hujan ke musim kemarau ini dapat memberikan pakan dengan benar. Pasalnya, pada musim pancaroba saat ini hewan ternak tersebut rentan terkena penyakit.

“Kebanyakan ternak domba yang terserang penyakit kembung ini akibat rumputnya terkena air hujan dan langsung diberikan. Padahal seharusnya, bila rumput yang terkena hujan itu ditunggu sampai layu kemudian baru dipakankan,” tandasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada para peternak domba agar terus memantau kondisi hewan ternaknya, supaya tidak terserang penyakit tersebut.

“Selain itu, peternak juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kandang serta memberikan kecukupan nutrisi pakan dan memberikan obat cacing kepada hewan ternaknya,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds