Disnakertrans Beberkan Soal Lonjakan Permohonan AK1 di Sukabumi

Permohonan AK1 melonjak di Sukabumi./Foto: Rmol

Permohonan AK1 melonjak di Sukabumi./Foto: Rmol

POJOKJABAR,com, SUKABUMI–  Lonjakan permohonan pembuatan kartu kuning (AK1) terjadi usai libur lebaran di Kota Sukabumi.

“Sejak Senin lalu sudah nampak membludak,” ujarnya Plt Kepala Disnakertrans Kota Sukabumi Iyan Damayanti, Kamis (14/6).

Menurutnya, dalam sehari bisa mencapai 355 pemohon. Padahal di hari biasa hanya 50 pemohon.

“Kalau hari biasa hanya puluhan saja, tapi kalau ada momen seperti kelulusan sekolah atau kegiatan bursa kerja bisa mencapai ratusan pemohon setiap harinya,” ucapnya.

Hal itu seperti saat ini, bertepatan dengan kelulusan sekolah tingkat SMA sederajat. Sehingga, banyak yang membutuhkan kartu tersebut untuk keperluan dalam melamar pekerjaan.

“Rata-rata mereka ingin melamar pekerjaan ke luar Kota Sukabumi, tapi kami juga sarankan kepada mereka untuk mencari pekerjaan di dalam Kota Sukabumi dulu,” ungkapnya.

Menurutnya, lonjakan permohonan pembuatan AK1 diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa pekan ke depan. Meskipun begitu, dirinya menjamin stoknya masih ada. Sehingga mencukupi masyarakat ketika membuat AK1.

“Kita juga lakukan antisipasi mengenai kebutuhan AK1 tersebut, terutama pada musim kelulusan sekolah. Terpenting lagi kita akan optimalkan pelayan kepada masyarakat,” pungkasnya.

(jar/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds