Pasca Hari Raya Idul Fitri, Stok Blangko E-KTP di Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Kosong

Disdukcapil Kabupaten Sukabumi saat melayani masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan, senin (10/6/19). Radar Sukabumi

Disdukcapil Kabupaten Sukabumi saat melayani masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan, senin (10/6/19). Radar Sukabumi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Pasca Hari Raya Idul Fitri, stok blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi kosong. Alhasil, sejumlah pemohon pun harus rela membawa pulang Surat Keterangan (Suket) sebagai penggantinya sementara waktu.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Dewi Yayah mengatakan, kekosongn blanko e-KTP ini sudah terjadi beberapa minggu terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Beberapa minggu terakhir ini stok blangko e-KTP di kami habis,” kata Dewi saat disambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, selasa (10/6/19).

Lanjut Dewi, pihaknya dari jauh hari sudah mengajukan kepada pemerintah pusat terkait kebutuhan blanko e-KTP untuk Kabupaten Sukabumi. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada kepastian kapan blanko itu tersedia kembali.
“Kami mengajukan sesuai kebutuhan setiap bulan yakni sekitar 6.000 keping. Karena di Disdukcapil saja setiap harinya melayani sekitar 200 pemohon, belum lagi disetiap Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD),” ujarnya.

Sebab itu, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi sementara waktu memberikan Suket kepada para pemohon yang belum bisa mendapatkan e-KTP. Pasalnya, Suket yang diberikan memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, hanya saja masa berlakunya lebih singkat dibandingkan dengan e-KTP.

“Kegunaan Suket sama dengan e-KTP. Tapi, masa berlaku Suket hanya enam bulan beda dengan e-KTP,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds