Libur Lebaran, 13 Wisatawan Terserer Ombak di Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu masih primadona untuk liburan.

Pantai Palabuhanratu masih primadona untuk liburan.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Belasan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai Palabuhanratu nyaris tewas setelah terseret ombak saat sedang liburan Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Berdasarkan data yang tercatat di Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, terhitung sejak H-7 sampai H+4, terdapat 7 kasus laka laut dengan jumlah korban 13 wisatawan yang terseret ombak saat bermain air di pantai Palabuhanratu.

Diantaranya, satu wisatawan terseret di pantai Karang Hawu, dua wisatawan di Pos Inna Samudera Karang Naya pada Kamis (6/6), dua wisatawan di Kebon Kelapa dan tiga wisatawan di pantai Lapang Kadaka pada Jum’at (7/6), tiga wisatawan di Pos Citepus dan satu wisatawan di Pos Sanset Karang Papak pada Sabtu (8/6) serta satu wisatawan di Pos IP Palabuhanratu pada Minggu (9/6/19).

“Secara keseluruhan objek wisata di sepanjang Pantai Palabuhanratu hingga saat ini masih dalam kondisi aman dan terkendali. Ya, walaupun masih ada kejadian kecelakaan, namun semuanya berhasil diselematkan,” kata Kepala Operasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, minggu (9/6/19).

Saat ini, anggota Balawista bersama petugas gabungan Polri, TNI, Basarnas, Sarda dan relawan kemanusian lainnya masih berjaga di sepanjang pantai Palabuhanratu sampai Ujunggenteng.

“Kami akan terus memantau dan berjaga di bibir pantai sampai Minggu (16/6) mendatang,” paparnya.

Ketua Forum Komukasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiq mengatakan, berdasarkan peninjauan SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, sampai saat ini obyek wisata di Pantai Palabuhanratu dinilai masih kondusif.

Sementara, beberapa korban laka laut yang terseret ombak di Pantai Selatan Sukabumi akibat kelalaian pengunjung yang tidak mengindahkan larangan, peringatan dan himbauan petugas.

“Untuk itu, demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengunjung, kami terus menghimbau kepada seluruh wisatawan untuk senantiasa waspada, hati-hati, perhatikan larangan dan peringatan petugas,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada seluruh wisatawan yang berkunjung ke pantai Selatan Sukabumi untuk tidak berenang ke tengah laut.

“Sedangkan untuk anak kecil, agar diawasi dan didampingi saat bermain air di pantai Palabuhanratu. Bila membutuhkan bantuan apapun, diharapkan agar segera melapor kepada petugas pantai,” pungkasnya.

(RS/den/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds