Pemkot Sukabumi Sebut Sumber Larangan Penggunaan Mobil Dinas untuk Mudik ASN

ilustrasi Mobil Dinas.

ilustrasi Mobil Dinas.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI–¬†Larangan Pemkot Sukabumi kepada¬†Aparat Sipil Negara (ASN)¬†merupakan tindak lanjut dari arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Isi larangan itu berupa pihak Pemkot Sukabumi melarang Aparat Sipil Negara (ASN) menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan mudik lebaran 2019.

“Ada surat dari KPK terkait arahan pelarangan menggunakan kendaraan dinas (untuk mudik). Kita ikuti arahan KPK,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Minggu (26/5).

Tidak hanya itu, Pemkot Sukabumi pun melarang ASN menerima segala bentuk gratifikasi terkait perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. Hal itu sebagai antisipasi gratifikasi. “Iya (larangan menerima gratifikasi terkait perayaan Idul Fitri),” ucapnya.

Dalam surat edaran KPK menyebutkan, penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi bisa menimbulkan benturan kepentingan.

Selain itu, penggunaan fasilitas negara oleh ASN dapat menurunkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, mobil dinas hanya boleh digunakan untuk kepentingan kedinasan.

“Sebagaimana yang tercantum dalam surat edaran KPK, kita ikuti arahannya,” pungkas Achmad Fahmi.

(son/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds