Bupati Sukabumi Wajibkan PNS Zakat Melalui Baznas

Bupati Sukabumi dan Wakil Bupati Sukabumi menyerahkan zakat kepada Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, rabu (22/5/19).

Bupati Sukabumi dan Wakil Bupati Sukabumi menyerahkan zakat kepada Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, rabu (22/5/19).

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Meningkatkan penghasilan zakat, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengintruksikan dan mewajibkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan perusahaan untuk menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Pasalnya, potensi zakat di Kabupaten Sukabumi sangat besar, kurang lebih mencapai angka Rp 1,4 Triliun. Sementara pada 2018 lalu, zakat baru bisa terkumpul Rp 14 Miliar. 80 persen diantaranya dari PNS dan 20 persen lainnya dari masyarakat.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, sejauh ini kesadaran baik dari PNS maupun perushaan masih perlu ditingkatkan.

“Pada kesempatan kali ini, saya kembali mengingatkan kepada PNS untuk menyalurkan zakatnya langsung melalui Baznas. Hal ini untuk meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Sukabumi. Dan saya intruksikan agar gaji dan dan tunjangan PNS bisa langsung dipotong untuk berzakat,” kata Marwan dalam sambutan layanan pembayaran zakat kepala daerah/wakil kepala daerah, sekertaris daerah, pejabat eselon II, eselon III, pimpinan BUMN/BUMD di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, rabu (22/5/19).

Layanan pembayaran zakat ini, sambung Marwan, sebagai kegiatan yang memiliki makna strategis serta sangat penting dalam memberikan tauladan kepada PNS dan masyarakat dalam menunaikan salah satu rukun Islam yang ke-5 yakni menunaikan zakat.

Bakan untuk mendongkrak pengumpulan zakat tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini sudah meminta sudah mengeluarkan Intruksi Bupati nomor 11 tahun 2018 tentang Pemungutan Zakat Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) ASN atau PNS.

“Semua OPD tidak harus ragu untuk memotong gaji dan TKD para ASN dan PNS yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Marwan berharap, gerakan layanan zakat ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh aghnia lainnya. Sehingga semakin hari dana zakat yang terkumpul akan semakin meningkat jumlahnya.

“Saya yakin, hal ini akan bisa terwujud bila semuanya memiliki komitmen yang sama yakni ingin membangun Sukabumi lebih baik,” ucapnya.

loading...

Feeds