Harga Bawang Putih di Kota Sukabumi Turun Drastis

Bawang putih  (ilustrasi)

Bawang putih (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Dinas Kopersi, Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Sukabumi mengklaim, harga bawang putih di beberapa pasar tradisional Kota Sukabumi mengalmi penurunan.

Hasil monitoring terbaru bahan pokok dan penting, harga bawang putih berada pada kisaran Rp 40 ribu dalam satu kilogramnya.

Sebelumnya, harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir mengalami peningkatan di semua pasar tradisional Kota Sukabumi. Bahkan, harga bawang putih ini sempat tembus Rp 80 ribu dalam setiap kilogramnya.

Dugaan kuat, menurunnya kembali harga bawang putih ini diakibatkan oleh pasokan yang kembali normal pasca Kementraian Perdagangan mengeluarkan izin impor bawang putih dari Cina.

Kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Kepala Bidang Perdagangan Dinas Kopersi, Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Sukabumi, Heri Sihombing mengungkapkan, hasil monitoring bapokting terbaru dibeberapa pasar tradisional, harga bawang putih mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Ya, sekarang harganya sekitar Rp 40 ribu perkilogramnya, menurut saya harga ini normal jika dibandingkan denga harga beberapa pekan lalu,” ungkapnya, senin (13/5/19).

Penurunan harga bawang putih ini, lanjut Heri, disebabkan oleh pasokan yang kembali normal. Dirinya menduga, penurunan ini terjadi akibat bawang putih yang baru-baru ini diekspor telah masuk ke beberapa daerah , termasuk Kota Sukabumi.

“Yang jelas, penurunan harga ini diakibatkan oleh pasokannya yang kembali normal sehingga secera langsung berdampak pada penurunan harga,” ujarnya.

Adapu beberapa komoditi lainnya, lanjut Heri relatif stabil. Baik itu persediaan, pasokan, harga hingga pendistribusiannya. Hanya saja, beberapa komoditas mengalmi kenaikan namun tidak signifikan seperti halnya cabe TW.

“Cabe TW naik hanya delapan ribu rupiah, untuk yang lainnya masih rfelatif stabil,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds