Koalisi 02 di Kota dan Kabupaten Sukabumi Menang Banyak

Jokowi-Prabowo. (Istimewa)

Jokowi-Prabowo. (Istimewa)


POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kemenangan Capres dan Cawapres 02 di Kota dan Kabupaten Sukabumi nampaknya sangat berbanding lurus dengan kemenangan suara partai. Terbukti di Kota dan Kabupaten Sukabumi raihan suara partai pengusung capres 02, Gerindra dan PKS sangat luar biasa.

Apalagi partai Gerindra bisa menempatkan Ketua DPRD baik itu kota dan kabupaten. Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Sukabumi, Asep Deni menilai koalisi partai Prabowo-Sandi relatif bagus. Hal itu dilihat dari raihan suara partai sama bagusnya dengan suara pilpres.

“ Ini justru yang bagus. Figur pemimpinnya disukai publik, partainya pun bergerak masif,” ujarnya.

Dicontohkannya. suara PKS dan Gerindra memiliki suara bagus di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Bahkan, suaranya masuk 3 besar.

“Capres unggul, partainya pun unggul. Meskipun sejumlah partai koalisi lainnya tidak begitu baik raihan suaranya,” ucapnya.

Kondisi itu dikarenakan pergerakan partai koalisi utama sangat luar biasa. Sehingga, masyarakat tidak hanya melihat figur capres saja. “Sama-sama bagus. Pergerakannya luar biasa,” ungkapnya.

Apalagi di Sukabumi, memiliki pemilih yang militan. Baik terhadap PKS, Gerindra, ataupun Prabowo itu sendiri. “Kultur di Kota dan KabupatenSukabuminampaknya menjadipemilihluar biasa. Terutama mengenai kesamaan ideologi,” pungkasnya.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, pasangan calon nomor urut 02 ini unggul telak dengan mendulang 1.012.116 suara atau 71.64 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin terpaut jauh, hanya meraih sebanyak 400.644 suara atau 28.35 persen.

Dari 47 kecamatan, Jokowi-Amin kalah telak raihan suaranya dibanding Prabowo- Sandi. Total suara sah mencapai 1.412.760 suara, sementara suara tidak sah sebanyak 47.538 suara. Begitupun kemenangan telak terjadi di Kota Sukabumi. Dari hasil pleno, raihan Prabowo-Sandi meraih 139.106 suara atau 69.23 persen, sementara 01 hanya mendapat 30.77 persen atau 61.835 suara.

Raihan tersebut berbanding lurus dengan suara yang diraih partai koalisi 02. Untuk suara partai terbanyak untuk DPR RI di Sukabumi, dikuasai oleh Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut meraih suara sebanyak 137.846. PKS mendapat perolehan suara sebanyak 63.653.

Selain itu ada PAN dengan jumlah raihan suara di Sukabumi sebanyak 37.385. Kemudian Demokrat dengan raihan suara sebanyak 36.587. Sedangkan di koalisi 01, PDI Perjuangan meraih suara 57.911. Golkar sendiri hanya mampu meraup suara sebanyak 54.835.

(RS/bal/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds

ilustrasi-miras

MPR RI Blak-blakan Soal Perpes Miras

Jadi, demi melindungi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana perintah konstitusi, dan untuk kemaslahatan terbesar bagi rakyat dan NKRI, juga sesuai dengan …