Disdukcapil Kota Sukabumi Klaim Pembuatan E-KTP Mencapai 99,37 Persen

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan mengklaim program inovasi Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) sudah merampungkan 99,37 persen pembuatan Elektronik KartuTanda Penduduk (E- Ktp) di Kota Sukabumi.

“Si Jempol ini membantu menyelesaikan dokumen warga hanya dalam waktu lima menit saja. Alhamdulillah pemilik E- Ktp di Kota Sukabumi mencapai 99,37 persen semenjak Si Jempol ini diluncurkan,” ujar Iskandar saat ditemui pada acara Si Jempol di kantor Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunungpuyuh, belum lama ini.

Menurut dia, Program Si Jempol, merupakan pelayanan yang unik sebab dikerjakan diluar hari kerja seperti hari Sabtu, Minggu dan juga hari Libur lainnya, serta dokumen yang diminta warga akan segera selesai di hari yang sama.

“Insya Allah saya akan berada dimanapun Si Jempol berada, sehingga dokumen akan langsung ia tandatangani,”akunya.

Menurut Iskandar, kesuksesan program si Jempol ini tidak terlepas dari peran semua pihak mulai dari RT/RW, Lurah, Camat, seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta dukungan dari Walikota Sukabumi dan Wakil Walikota Sukabumi. Kartu Keluarga (KK), E-Ktp dan akte kelahiran yang diminta akan cepat selesai, sambung dia, apabila warga membawa dokumen yang sesuai dibutuhkan pihak Disdukcapil.

“Cukup membawa fotokopi KK saja maka warga akan kami layani dengan cepat dalam pembuatan E-Ktp,” imbuhnya.

Ia mengatakan, program Si Jempol akan selalu mendekatkan keberadaannya kepada masyarakat dan membantu seluruh pihak SKPD apabila membutuhkan data dari Disdukcapil.

“Satu orang memiliki 31 elemen data, dan kami siap membantu rekan-rekan di seluruh SKPD jika membutuhkan data dari kami,” ujarnya.

Sejauh ini, sambung dia, banyak pihak SKPD yang sudah memanfaatkan data dari pihaknya. Contohnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi yang membutuhkan data nama, Nik dan alamat untuk pendaftaran warga Kota Sukabumi menjadi anggota perpustakaan.

“Sehingga nanti Bu Nicke sebagai Kadisnya akan tahu mengenai buku apa saja kah yang sering dibaca oleh penduduk Kota Sukabumi, sehingga memudahkan pihaknya dalam pengadaan buku kedepannya sebab sesuai dengan kebutuhan warganya,” terangnya.

Di lokasi yang sama, salah seorang warga Kampung Cipelang Gede RT 01 RW 12 Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Mumun mengaku terbantu dengan adanya program Si Jempol ini.

“Alhamdulillah hanya menunggu lima menit saja KK saya selesai, terimakasih yah pemerintah Kota Sukabumi dan juga bapak Kadis yang sudah berkenan membantu warga dengan cepat,” pungkasnya.

(RS/cr5/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds