Merokok Saat Berkendara Siap-siap Kena Tilang

Salah seorang pengendara terkena tilang lantaran tidak melengkapi surat-surat kendaraan saat operasi Satlantas Polres Sukabumi Kota, belum lama ini. Ist

Salah seorang pengendara terkena tilang lantaran tidak melengkapi surat-surat kendaraan saat operasi Satlantas Polres Sukabumi Kota, belum lama ini. Ist

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Bagi pengendara roda dua maupun empat yang sering merokok saat berkendara harus berhati-hati. Pasalnya, saat ini melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor 12 tahun 2019 bakal dikenakan sanksi.

Aturan larangan merokok saat berkendara tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor 12 tahun 2019 yang mengatur tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Namun begitu, di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, aturan tersebut belum diberlakukan. Hal tersebut diungkapkan, Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Kadek Vemil. Menurutnya, pihaknya masih menunggu petunjuk terkait pemberlakuan regulasi baru tersebut.

“Sampai sekarang belum diberlakukan, kami masih menunggu petunjuk. Kami hanya memberikan sanksi tilang kepada pelanggar seperti biasa dan pengendara yang menggunaan telepon,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Jum’at (05/04/2019).

Kendati demikian, aktivitas yang mengganggu konsentrasi, seperti halnya merokok dapat berpotensi membahayakan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Kemudian secara etika dan secara prioritas, merokok sambil berkendara juga tidak baik.

“Selama ini saat berkendara yang kedapatan merokok langsung mematikannya begitu melihat petugas, yang pasti jika melanggar kami akan kenakan pasal 283 pelanggaran UU Nomor 22 Tahun 2009. Di sana diatur segala aktivitas yang menganggu konsentrasi saat berkendara seperti menggunakan handphone, mendengarkan musik dan merokok,” terangnya.

Disinggung tentang kepolisian di wilayah Metro Jaya tentang aturan Permenhub terebut, Kadek tidak memungkiri jika selanjutnya aturan tersebut diberlakukan di Polda Jawa Barat, termasuk di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota belum.

“Kami belum mendapat petunjuk, jika sudah akan di koordinasikan termasuk terkait teknis dan lainnya,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds