Harga Cabai Merah di Kota Sukabumi Semakin Pedas

Salah seorang pedagang Cabai di pasar tradisional Kota Sukabumi saat melayani pembeli. Ist

Salah seorang pedagang Cabai di pasar tradisional Kota Sukabumi saat melayani pembeli. Ist

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Harga komoditas jenis cabai merah mengalami kenaikan harga yang cukup drastis diberbagai pasar tradisional Kota Sukabumi.

Dari harga pekan lalu yang hanya Rp 28.000 perkilogramnya, kini menjadi Rp 32.000 perkilogram atau naik sebesar 14,2 persen.

Data yang dihimpun Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group) dari Dinas Koperasi, Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Sukabumi, selain Cabai merah, komoditi daging ayam broiler juga mengalami kenaikan sebesar 3,1 persen atau satu ribu rupiah. Sedangkan, Cabai rawit merah, mengalami penurunan harga sebesar 6,6 persen atau sebesar dua ribu rupiah.

Dimana dari harga pekan lalu Rp 32 ribu rupiah menjadi Rp 28 ribu rupiah perkilogram. Adapun harga barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya relatif stabil.

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Sukabumi, Ayep Supriatna mengungkapkan, penyebab terjadinya kenaikan harga terhadap Cabai merah dan daging ayam broiler karena pasokan kedua komoditi mengalami penurunan, sehingga harga kedua komoditi tersebut terkoreksi naik.

“Penyebabnya adalah hukum pasar, saat pasokan tidak seimbang dengan permintaan maka harga secara langsung akan mengalalami kenaikan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Jum’at (05/04/2019).

Kendati harga Cabai merah naik, komoditas jenis Cabai rawit merah justru mengalami penurunan. Adapun faktor yang menjadi penyebab terjadinya penurunan harga terhadap komoditi tersebut, karena pasokan komoditi tersebut mengalami peningkatan, yang mengakibatkan harga komoditi tersebut terkoreksi turun.

“Penurunan Cabai rawit merah in juga merupakan hukum pasar, saat pasokan melimpah, sementara permintaan kurang sehingga secara lansgung harganya pun turun,” terang dia.

Sedangkan harga barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya di Kota Sukabumi, relatif stabil serta fluktuasi harganya pun masih dalam batas kewajaran.

Begitupun, persediaan barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis cukup tersedia, serta penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

“Untuk bapokting lainnya masih relatif aman, termasuk persediaan dan pendistribusiannya di berbagai pasar tradisional di Kota Sukabumi, kami pun dalam setiap pekannya terus melakukan pemantauan harga dan persediaan,” pungkasnya.

(RS/upi/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds