Pelaksanaan UNBK di Kota dan Kabupaten Sukabumi Dihantui Gangguan Listrik

Ilustrasi Pelaksanaan UNBK.

Ilustrasi Pelaksanaan UNBK.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Hari ini, para siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA) Kota dan Kabupaten Sukabumi bakal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun, beberapa kendala masih membayangi pelaksanaan UNBK kali ini.

Berkaca pada UNBK sebelumnya pada tingkat SMK, server eror, internet hingga jaringan listrik menjadi ancaman. Bahkan, ada 33 harus mengikuti ujian susulan. Demi hari pertama UNBK berjalan lancar, ratusan pelajar kelas XII MAN 2 Kota Sukabumi bersama guru dan orang tua siswa menggelar istigasah dan doa bersama agar pelaksanaan UNBK yang akan dilangsungkan berjalan sesuai rencana.

Tidak sedikit siswa yang menangis dalam istigasah tersebut. Kepala MAN 2 Kota Sukabumi, Isep mengatakan, istigasah tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun menjelang ujian akhir nasional.

“Istigasah ini bertujuan memohon ampun dan pertolongan kepada Allah SWT, dengan harapan UNBK dapat berjalan dengan lancar, diberi kemudahan dan mendapat nilai yang membanggakan,” harap Isep kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group).

Kegiatan istigasah diikuti 406 pelajar kelas XII IPA dan IPS MAN 2 Kota Sukabumi. Para peserta mendapatkan siraman rohani dari penceramah, pembacaan ayat suci Alquran dan terakhir diisi dengan kegiatan sungkem dengan orang tua dan juga guru mereka.

“UNBK tingkat SMA dan Madrasah Aliyah (MA) akan dilaksanakan mulai Senin, 1-8 April 2019,” ujarnya.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir mata pelajaran pilihan. Waktunya dibagi tiga sesi, mulai Pukul 7.30-16.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha (TU) MAN 2 Kota Sukabumi Rustandi menuturkan, pihak sekolah terus berupaya seoptimal mungkin agar pelaksanaan UNBK lancar.

Salah satunya dengan menggelar persiapan mangadakan bimbingan belajar, peningkatan disiplin, simulasi UNBK, tray out lalu istigasah. “Selain mempersiapkan mental pelajar, untuk sarana dan perasana juga kita siapkan seperti mengadakan genset 82,5 Kva untuk mengatasi ketika listrik bermasalah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Wilayah V Provinsi Jawa Barat (Jabar), Nonong berharap UNBK untuk tingkatan SMA dan MA kali ini tak ada kendala apa pun.

“Memang pada UNBK tingkat SMK, ada beberapa kendala yang dihadapi. Tapi saya berharap, untuk tingkat SMA dan MA ini bisa berjalan lancar,” singkatnya.

(RS/wdy/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds