2.096 Surat Suara di Kota Sukabumi Rusak

ilustrasi

ilustrasi

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Proses penyortiran surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi sudah selesai. Dari hasil sortir surat suara itu, KPU menemukan sebanyak 2.096 surat suara yang dinyatakan rusak.

“Iya semua jenis surat suara sudah selesai, mulai dari Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi. Kita lakukan sortir dari 16 Maret sampai 27 Maret,” ujar Plt Sekretaris KPU Kota Sukabumi, Basuki kepada Radar Sukabumi (Pojoksatu.id Group), Kamis (28/03/2019).

Surat suara rusak itu kata Basuki, diakibatkan oleh beberapa faktor. Diantaranya sobek, buram, terkena percikan tinta sehingga membuat kertas suara kusam dan rusak.

“Kita melakukan sortir itu sangat teliti. Ada yang sobek atau kena tinta sedikit, kita nyatakan rusak. Hal itu untuk mengantisipasi hal yang tak dinginkan ketika proses pencoblosan nanti,” akunya.

Kelima jenis surat suara itu, semuanya sudah dilaporkan ke KPU RI. Hal tersebut agar bisa secepatnya untuk digantikan dengan yang baru. “Kita sudah bikin berita acaranya. Sekarang tinggal menunggu penggantinya,” katanya.

Adapun untuk surat suara yang rusak diantaranya Pilpres sebanyak 484 lembar, DPD RI 834 lembar, DPR RI sebanyak 438 lembar, DPRD Provinsi 177 lembar, DPRD Kota Dapil 1 95 lembar, DPRD Kota Dapil 2 74 lembar dan DPRD Kota Dapil 3 sebanyak 54 lembar.

“Ya mudah-mudahan bisa secepatnya digantikan, sebelum tanggal 10 April,” harap Basuki.

Proses selanjutnya, akan dilakukukan kegiatan pengesatan dan pengepakan surat suara per TPS sampai dengan 14 hari kedepan. Sementara itu untuk ketersediaan logistik seperti formulir yang berhologram, sudah diterima KPU Kota Sukabumi.

“Kita lanjut ke pengesetan dan pengepakan, rencananya 14 hari,” pungkasnya.

(RS/bal/pojokjabar)

loading...

Feeds