Walikota Sukabumi Ajak Lulusan SLTA Berinovasi

WaliKota Sukabumi Achmad Fahmi dan istri menaiki delman usai pelantikan, Kamis (20/9/2018)./Foto: Rmol

WaliKota Sukabumi Achmad Fahmi dan istri menaiki delman usai pelantikan, Kamis (20/9/2018)./Foto: Rmol

POJOKJABAR.com, SKABUMI – Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, memotivasi peserta pelatihan calon wirausaha baru yang tergabung dalam Kelurahan Enterpreneurship Center (Sukabumi Kece) di salah satu hotel di Jalan Siliwangi Kelurahan Cikole Kecamatan Cikole, belum lama ini.

Ia mengajak para peserta untuk lebih berinovatif dalam menuangkan gagasan dan idenya, ketimbang mengandalkan ijazah.

“Terdapat 11.000 orang yang lulus setiap tahunnya, jika teman-teman calon pengusaha ini bersaing dengan mereka tentu akan sulit, maka dari itu lebih baik tingkatkan kualitas diri dalam berkarya,” ujar Fahmi.

Apalagi sambung dia, seiring percepatan teknologi, kebutuhan tenaga sumber daya manusia akan semakin berkurang. Menurutnya, kini banyak perusahaan yang lebih mempercayai pekerjaan melalui mesin.

“Mesin itu tidak pernah meminta naik gaji, namun pekerja manusia setiap tahun pasti akan meminta kenaikan gaji,” jelas Fahmi.

Fahmi menuturkan, teknologi yang semakin hari semakin canggih dan banyak perusahaan yang menggunakan mesin dalam pekerjaan hariannya atas dasar manfaat bagi perusahaan itu sendiri.
“Tenaga kerja manusia akan mengalami masa cuti, sedangkan mesin tidak,” tambahnya.

Fahmi menghimbau para calon wirausaha muda ini fokus terhadap peningkatan skill atau kemampuan masing-masing untuk lebih siap menghadapi resolusi 4.0.

Ia pun menyarankan para calon wirausaha muda tersebut mengambil peluang bagi kehidupan di masa yang akan datang. Fahmi mengungkapkan, kesejahteraan masyarakat belum seimbang antara jumlah lapangan kerja dan jumlah pencari kerja. Fahmi mengaku, untuk meningkatkan kesejahteraan suatu daerah dan meningkatkan ekonomi wargabta harus berkolaborasi dengan masyarakat dan perlu adanya proses aliansi yang dinamakan dengan Pentahelix.

“A,B,C,G,M adalah Pentahelix, Akademisi Bisnisman Comunitas Goverment dan Media. Salah satunya adalah peserta calon wirausaha muda ini,” tandasnya.

Dia berharap, para calon pengusaha muda Kota Sukabumi yang mengikuti pelatihan bisa menjadi salah satu bagian kesuksesan Kota Sukabumi, sebab jika itu terjadi maka para calon wirausaha muda ini akan menciptakan peluang kerja bagi warga Sukabumi lain.

“Jika hari ini 110 orang berhasil menjadi pengusaha, kemungkinan dikemudian hari mereka akan membuka lapangan kerja setidaknya satu atau dua orang pekerja yang mereka butuhkan untuk membuat produk yang mereka hasilkan,” pungkasnya.

(radar sukabumi/cr5)

Loading...

loading...

Feeds